Rekor 75 Tahun Silam Pecah. Perempuan Ini Seorang Diri Terbang dari Inggris-Australia

Tracey-Curtis-Taylor.jpg
(BBC)

RIAU ONLINE - Sejarah terulang kembali 75 tahun berselang usai Amy Johnson, perempuan pertama asal Inggris, mencatatkan namanya sebagai perempuan pertama di dunia yang menerbangkan pesawat terbang seorang diri dari Inggris menuju Australia. 

 

Kini, apa yang dilakukan Amy Johnson tersebut juga ditiru perempuan asal Inggris juga, Tracey Curtis-Taylor (53). Perempuan paruh baya tersebut melakukan petualangan dengan menerbangkan pesawat sejauh 21.000 kilometer dari Inggris ke Australia. (Baca Juga: Profesor di Amerika Ini Dipecat Jadi Dosen Gara-gara Bela Islam

 

Curtis-Taylor memecahkan rekor tersebut dengan menggunakan pesawat bersayap ganda buatan 1942. Sebelumnya, Tracey Curtis-Taylor, juga melakukan hal serupa, 75 tahun silam.

 

Curtis Taylor dengan pesawatnya

 Curtis-Taylor melintasi berbagai negara, termasuk Myanmar.

 

Ketika itu, Amy Johnson berangkat dari Farnborough, Inggris, Oktober 2015 lalu, dengan menerbangkan pesawat Boeing Stearman Spirit of Artemis seorang diri.

 

Curtis-Taylor berupaya meniru jejak Amy Johnson, perempuan pertama menerbangkan pesawat seorang diri dari Inggris ke Australia pada 1930 lampau. Pesawat yang digunakan juga bersayap kembar dan memiliki kokpit terbuka. (Klik Juga: Perempuan Ini Seperahu dengan Seekor Harimau Sumatera Seberangi Sungai

 

Seperti Johnson, Curtis-Taylor singgah di 23 negara dan berhenti sebanyak 50 kali untuk mengisi bahan bakar pesawat. Rute yang dipilih membawanya melintasi Eropa, Mediterania, gurun pasir Arab, Teluk Oman, serta Benua Asia.

 

Sesaat setelah mendarat di Sydney, Curtis-Taylor mengeluarkan pernyataan melalui Twitter bahwa perhentian di Australia adalah akhir dari ‘petualangan besar’. Dia juga berterima kasih kepada ‘semua orang yang memberi dukungan’.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline