Waspadai Penipuan Beasiswa dengan Modus Ini

RIAU ONLINE, JAKARTA - Siapa pun pasti mendabakan meraih beasiswa. Terlebih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, tentu menjadi impian banyak pelajar. Namun, semakin maraknya tindak kejahatan membuat Anda harus berhati-hati dan selektif dalam memilih beasiswa.

 

Agar terhindar dari penipuan berkedok beasiswa, berikut beberapa tanda-tanda yang bisa diperhatikan.

 

1. Diminta membayar/transfer terlebih dulu

Seperti penipuan pada umumnya, jangan pernah terhasut dengan penawaran beasiswa yang memintamu untuk menransfer sejumlah uang, baik dengan alasan untuk biaya pendaftaran atau administrasi.

 

2. Ditawari beasiswa secara cuma-cuma

Mendapat beasiswa itu memang mudah, tapi bukan secara cuma-cuma tanpa usaha dan persyaratan yang harus dipenuhi. Apalagi, kalau kamu tidak pernah merasa mendaftar tetapi tiba-tiba mendapat penawaran dengan persyaratan yang mudah. Ingat, beasiswa bukan uang yang jatuh dari langit, jadi hati-hati dalam menerima tawaran yang ada.

 

3. Diteror pemberi beasiswa

Jika kamu mendapat e-mail atau telefon yang menawarkan beasiswa secara terus-menerus, jangan mudah percaya. Selidiki dahulu dari mana institusi tersebut dan atas dasar apa mereka memilihmu menjadi kandidat penerima beasiswa. Apalagi, jika kamu diberi batas waktu yang tak masuk akal untuk mendaftar, seperti dalam waktu sekian jam saja.

 

4. Formulir tidak jelas

Perhatikan formulir saat mendaftar beasiswa, terutama jika beasiswa tersebut tidak kamu dapatkan dari laman resmi suatu institusi. Jangan percaya pada pemberi beasiswa yang mau mengisikan formulirmu. Sebab, jika hal tersebut dilakukan, penipu tersebut akan mengetahui data pribadimu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline