(Video) Harta Karun di Pulau Natuna, Laut Sakti Rantau Bertuah

 

RIAU ONLINE - Inilah Pulau Natuna, Laut Sakti Rantau Bertuah yang akhir-akhir ini menjadi topik hangat pembicaraan karena klaim sepihak dari Cina atas wilayah Laut Cina Selatan.

 

Natuna adalah salah satu kabupaten di Kepulauan Riau. Kepulauan paling utara di Selat Karimata ini, dari sebelah utara berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja. Selain itu, Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea dan Taiwan.

 

Keindahan Natuna terlihat dari hamparan batu-batu besar yang ada di bibir pantai dan terumbu karang yang menambah keindahan kepulauan yang beribukota Ranai ini.

 

 

INILAH PULAU NATUNA, LAUT SAKTI RANTAU BERTUAHAkhir akhir ini kita dikejutkan dengan langkah agresif negara cina yang memasukkan pulau Natuna kedalam peta wilayahnya, bahkan pemerintah cina juga memasukkan Natuna kedalam paspor barunya, tentu hal ini sangat mengejutkan kita, apalagi kejadian ini terjadi setelah gencarnya pemerintah Jokowi menjalin kerja sama dengan cina dan setelah menerima pinjaman hutang yang jumlahnya sangat luar biasa dari Cina. Kabupaten Natuna berada di Kepulauan Riau, Penduduk Kabupaten Natuna pada tahun 2010 berjumlah 69.003 jiwa, terdiri dari etnis Melayu 85,27%, Jawa 6,34%, Tionghoa 2,52%,Minangkabau 0,70%, Batak 0,50%, Bugis 0,38%, Banjar 0,14%, Lain-lain 4,15%.Selain letaknya yang sangat geografis yang berada di jalur perdagangan internasional, Kabupaten Natuna juga terkenal dengan penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 1.400.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680.000. barel. Ladang gas D-Alpha yang terletak 225 km di sebelah utara Pulau Natuna (di ZEEI) dengan total cadangan 222 trillion cubic feet (TCT) dan gas hidrokarbon yang bisa didapat sebesar 46 TCT merupakan salah satu sumber terbesar di Asia.

Posted by Kodok Tv on 15 November 2015

 

 

 

Kabupaten yang ditempati oleh etnis Melayu, Jawa, Minangkabau, Batak, Bugis, Banjar dan Tionghoa tersebut terkenal sebagai penghasil minyak dan gas. Cadangan minyak bumi yang dimiliki Natuna diperkirakan mencapai 1.400.386.470 barel. (BACA JUGA: (Video) Menjaga Atraksi Seni Beladiri Silek Lanyah dari Kepunahan)

 

Sedangkan, cadangan gas bumi Natuna diperkirakan sebanyak 112.356.680.000 barel. Di sebelah utara Pulau Natuna (di ZEEI) terdapat ladang gas D-Alpha yang memiliki total gas cadangan sebanyak 222 trilion cubic feet (TCT) dan juga gas hidrokarbon sebesar 46 TCT yang merupakan salah satu sumber terbesar di Asia.

 

 Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: Kodok Tv (Facebook Fanpage)