Kirjuhari: Johar dan Suparman Perintahkan Buka Baterai Ponsel

Sidang-Kirjuhari.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Terdakwa kasus Suap APBD Riau, Ahmad Kirjuhari, mengatakan, Ketua DPRD Riau 2009-2014, Johar Firdaus lah yang memerintahkan wakil rakyat yang hadir di Ruang Komisi B untuk membuka baterai telepon seluler (Ponsel), saat Rapat Badan Anggaran (Banggar). 

 

"Waktu itu yang memerintahkan kami untuk membuka baterai ketika rapat di Ruang Komisi B itu Pak Johar Firdaus dan juga Suparman. Mereka bersuara keras dari depan untuk memerintahkan kami membuka baterai," ujar Kirjuhari kepada majelis hakim ketika dikofrontir kesaksiannya di muka sidang kasus suap APBD-P Riau 2014 dan munri 2015, Rabu (18/11/2015). (Baca Juga: Hakim Berondong Suparman Soal Buka Baterai Ponsel

 

Menurut Kirjuhari, alasan Johar dan Suparman memerintahkan para anggota Banggar yang hadir waktu itu untuk melepas baterai ponsel karena mereka takut disadap.

 

"Alasannya waktu itu kenapa dilepas baterainya supaya tak ada yang bisa menyadap hasil rapat itu," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

 

Kirjuhari menceritakan, awalnya agenda rapat Banggar waktu itu akan dilakukan di Ruang Medium karena biasanya memang rapat diadakan di ruangan tersebut. (Klik Juga: Ini Saya Bacakan Biar Pak Johar Pulih Ingatannya

 

Namun ia tak tahu alasan pastinya, ketika tiba-tiba Johar mengarahkan dari ruang Medium ke ruang Komisi B. "Saya benar-benar tidak tahu alasan pimpinan waktu itu pindahkan ruang," ujar Kirjuhari. 

 

Pada sidang pekan lalu, Kamis (11/11/2015), mantan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus ketika ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum perihal siapa yang memerintahkan peserta melepas baterai, Johar berkilah ia tak mengetahuinya, Menurut kesaksiannya, ia tidak tahu kalau ada intruksi melepas baterai ketika rapat banggar berlangsung.

 

"Saya tidak tahu kenapa mereka melepaskan baterai hapenya karena setahu saya, tidak ada aturan yang mengatur itu. Ketika itu saya juga tidak melepas baterai hape saya," ungkap Johar pada sidang sebelumnya. (Lihat Juga: Kode Hektare untuk Suap DPRD Riau

 

Ikuti dan simak persidangan Suap APBD-P 2014 dan APBD 2015 dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline