Celoteh Anak Usia 2,5 Tahun Jangan Disepelekan

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Banyak yang mengatakan, omongan anak kecil tidak bisa dipertanggungjawabkan. Namun ternyata itu keliru karena penelitian di negara Barat menemukan adanya realita yang diungkapkan anak bahkan sejak usianya 2,5 tahun.

 

Demikian disampaikan pakar deteksi kebohongan, Handoko Gani, MBA, BAII di Festival Bohong 2015 di PPHUI, Umar Ismail, Kuningan, Jakarta, Rabu (11/11/2015). "Anak 2,5 tahun sudah bisa dipercaya karena memorinya telah berkembang. Meski kadang, kita kurang memahaminya karena kosakatanya kurang, tapi ucapan anak tidak bisa disepelekan," katanya. (KLIK JUGA: Benarkah Keperawanan Identik dengan Darah)

 

Bukan menyalahkan orangtua, katanya. Namun kejadian seperti ini dapat terjadi pada siapapun dan orangtua harus memiliki waktu untuk mendengarkan cerita anak.

 

"Setiap kali anak bercerita, orangtua perlu perlu peka dan filter. Sebab di balik ceritanya kadang terselip cerita yang bisa mengenai isu-isu sensitif seperti bullying atau kekerasan seksual," ungkapnya.(Lihat Juga: Tidurlah yang Cukup Ini Manfaatnya

 

Handoko menambahkan, ucapan anak usia 4 tahun di Barat telah bisa dijadikan saksi dalam persidangan. "Walaupun ceritanya membingungkan namun ada fakta di balik ucapannya," ucapnya seperti dilansir Liputan6.com.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline