Habis makan, Kantuk Datang. Kenapa ya?

nyenyak.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Apakah anda sering merasakan kantuk setelah makan? Ada baiknya untuk Anda mengetahui penyebab datangnya rasa kantuk ini.

 

Dilansir dari laman klikdokter.com, kesalahan dalam mengonsumsi makanan dapat menjadi salah satu pemicu datangnya rasa kantuk. Rasa kantuk setelah makan dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan, misalnya bayam, telur, ayam kalkun, keju dan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. (KLIK: Mulailah Hidup Sehat, 5 Langkah Ini Mencegah Strok)

 

Makanan yang tinggi karbohidrat dapat menyebabkan tryptophan yang menjadi bahan dasar pembentukan serotonin meningkat dan menimbulkan rasa kantuk datang.

 

Untuk mengatasi rasa kantuk yang selalu datang setelah makan ini, Anda dapat menyeimbangkan makanan Anda. Sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi sayuran, buah, gandum dan lemak sehat agar energi yang anda butuhkan sepanjang hari dapt terjaga. (BACA: Waspadalah..Ini Partikel Berbahaya Dalam Asap Riau)

 

Rasa kantuk juga dapat dihindari dengan mencukupi konsumsi air putih. Selain itu, tidur yang cukup, mengurangi stres dan melakukan olahraga cengan rutin tentunya juga dapat membantu mengurangi rasa kantuk yang datang setelah makan.