Zaini Ismail Tak Tahu Jabatannya akan Diserahterimakan

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Zaini Ismail mengaku tak tahu jabatannya sebagai Sekda akan diserahterimakan, Senin (26/10/2015). Ia baru mendapat kabar sekitar satu jam sebelum acara serah terima dilakukan pukul 09.00 WIB di Ruang Melati, Kantor Pemerintah Provinsi Riau.

 

"Saya tidak datang dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut karena saya tidak tahu kalau saya akan diganti. Saya baru dapat kabar akan ada upacara sertijab itu sekitar Pukul 08.00. Kira-kira satu jam kurang sebelum upacara dimulai," ungkap Zaini kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin (26/10/2015) siang. (BACA JUGA: Plt Gubri Copot Zaini Ismail dari Sekdaprov)

 

Zaini juga mengaku tidak tahu sebab ia diganti. Ia merasa heran dirinya diganti, sebab masa tugasnya jika dilihat dari aturan perundang-undangan masih belum habis. "Kalau dari peraturan perundangan masa jabatan Sekda itu paling lama 5 tahun. Itu paling lama. Sedangkan saya bertugas sebagai Sekda baru 2 tahun lebih 4 bulan. Terus kalau alasan lain saya juga tidak tahu. Selama ini peran dan fungsi saya sebagai Sekda juga saya jalankan sebaik mungkin dan tidak pernah ada masalah," terang Zaini ketika ditemui di rumah dinasnya di Jalan Gajah Mada.

 

Namun begitu, ia tetap menghormati keputusan yang telah dikeluarkan oleh presiden meskipun ia merasa keberatan atas keputusan tersebut. "Keputusan ini tetap kita terima sebagai konsekuensi dari tugas yang telah diembankan. Kita hormati keputusan tersebut karena keputusan itu dikeluarkan oleh Pak Presiden. Ia adalah bentuk dari marwah negara kita sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan di negara kita yang tertinggi," tandas Zaini yang masih mengenakan pakaian dinasnya.

 

Pagi tadi, Sekda Provinsi Riau diganti melalui acara sertijab oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Penggantian tersebut atas dasar Surat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 155 Tahun 2015 dan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 807 tanggal 22 Oktober 2015. Posisi Zaini Ismail digantikan oleh Kepala Bappeda Riau M Yafis sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekdaprov Riau.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline