KASAU Kirim Cairan Kimia Tuk Padamkan Karhutla

Water-Bombing-dari-Helikopter.jpg
(PENTAK LANUD ROESMIN NURJADIN)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) mengirimkan bantuan kepada Tim Satgas Darurat Asap Riau. Bantuan tersebut berupa cairan kimia yang akan digunakan sebagai bahan campuran pada air pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Demikian dikatakan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi usai rapat evaluasi Satgas di Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis (22/10/2015). Menurutnya, bantuan itu diberikan oleh perusahaan Fire Terminator International PTE LTD dari Singapore. (BACA JUGA: Murid SDN 155 Sukajadi Penuhi Pagar Sekolah Dengan Protes)

 

"Ini murni bantuan, bukan berupa pinjaman ataupun pembelian," ujar Henri Alfiandi pada RIAUONLINE.CO.ID.

 

Bantuan yang diberikan oleh Perusahaan Fire Terminator tersebut berjumlah 200.000 liter yang diterima langsung oleh KASAU. Bantuan itu didistribusikan kepada provinsi-provinsi yang daerahnya terjadi karhutla. (BACA JUGA: Murid SDN 15 Tulis Pesan di Karton Untuk Presiden dan Plt Gubri)

 

 

"Bantuan yang didapat oleh KASAU kemudian didistribusikan kepada Lanud-Lanud yang di wilayahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya kita di Riau ini," jelasnya.

 

Riau menerima bantuan distribusi sebanyak 2.000 liter yang rencananya akan dipakai pada lahan-lahan yang masih memiliki bara api seperti di lahan gambut yang mengeluarkan asap.

 

"Kita gunakan ini sampai habis. Kalau cuaca baik dan helly bisa terbang, prediksi kita 2000 liter itu bisa habis selama 3 sampai 4 hari. Kita akan sebar ini pada wilayah-wilayah yang cukup parah asapnya," tandas Henri.