Jamaah Haji Riau Meninggal di Mekkah 7 Orang

Alat-berat-roboh-timpa-jamaah-haji.jpg
(Channel Islam International)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Riau membantah ada jamaah haji Riau meninggal dari Riau akibat insiden crane, kebakaran hotel maupun insiden Mina. Namun ia membenarkan ada 7 jamaah haji asal Riau yang meninggal di Mekkah.

 

"Jamaah Riau itu tertib dan sangat mematuhi segala aturan yang ada. Jadi ketika ketua kloternya bilang jangan pergi, ya mereka tidak ada yang pergi sehingga memang tidak ada satupun jamaah yang terlibat dalam tragedi yang menimpa jamaah haji di sana," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Tarmizi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis (1/10/2015).

 

Mengklarifikasi pemberitaan media atas tuduhan adanya jamaah haji yang meninggal karena tragedi Mina dibantah oleh Tarmizi. Menurutnya tidak benar ada warga Rumbai, Warnita Habib Basa yang jadi korban karena terinjak-injak di Mina.

 

(BACA JUGA: Jamaah Haji Riau Dipulangkan Lewat Padang dan Buton)

 

"Berdasarkan keterangan yang didapat dari suami korban dan ketua kloternya, Warnita meninggal karena kelelahan ketika melaksanakan lontar jumrah. Dia pingsan ketika lontar jumrah kemudian ketika dibawa ke rumah sakit dia meninggal. Tapi karena waktu itu memang sedang terjadi tragedi di Mina, ya langsung dia diklasifikasikan sebagai tragedi Mina. Padahal tidak termasuk dan ini mesti di klarifikasi," tutur Tarmizi.

 

Hingga saat ini jamaah haji asal Riau yang meninggal selama haji ada 7 orang jamaah. "Jamaah yang meninggal sudah dikebumikan di sana," tandas Tarmizi.