Waspadalah, Jangan Sepelakan Flu, Ini Akibatnya

Flu.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tahukah anda, penyakit influenza atau yang lebih dikenal flu, ternyata merupakan virus yang tergolong dalam 3 jenis, yaitu virus A, B, dan C.

 

Flu dapat menular dan menginfeksi saluran napas. Flu sering menularkan virus melalui droplet yaitu partikel-partikel yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau bicara. Partikel-pertikel tersebut dapat masuk melalui mukosa mulut atau hidung orang yang berada disekitar anda lalu masuk ke paru-paru. Virus flu juga dapat menyebar melalui benda yang dipegang dan sudah terkontaminasi virus flu lalu menyentuh mulut atau hidung. (KLIK: IDI Riau Bagikan 4000 Masker N95)

 

Di Amerika Serikat, flu telah menjadi penyebab 49.000 orang meninggal dunia dan setiap tahunnya sebanyak 200.000 orang harus menjalani rawat inap. Agar terhindar dari virus ini, kita harus menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi flu, sesering mungkin melakukan cuci tangan dan melakukan vaksinasi. (BACA: Kabut Asap, Guru Juga Harus Diliburkan)

 

Agar tidak tertular, ada baiknya untuk mengetahui jenis dari virus flu tersebut.

 

Virus A
Virus influenza tipe A ini dapat menular melalui binatang, seperti unggas. Virus jenis dapat secara konstan bermutasi, menyebabkan epidemik, dan juga menimbulkan gejala yang berat dan berbahay. Virus tipe ini mempunyai subtype yang banyak, yakni 18 subtipe hemglutinium (H) dan 11 subtipe neuroaminidase (N). Virus yang termsuk dalam golongan ini diantaranya virus H1N1, H3N2 (avian flu), dan lain sebagainya.

 

Virus B
Virus ini mempunyai gelaja lebih ringan dibanding virus A dan hanya dapat ditemukan pada manusia. virus ini tidak memiliki subtype, akan tetapi virus ini terdiri dari virus yamagata dan victoria.

 

Virus C
Gejala pada virus ini jauh lebih ringan dibandingkan dua virus sebelumnya dan juga dapat ditemukan pada manusia.

 

Virus influenza ini setiap saat dapat bermutasi, oleh sebab itu akan sangaat penting bagi kita untuk melakukan vaksin flu setiap tahunnya sebagai upaya melindungi tubuh dari virus strain yang merupakan virus flu terbaru. Umumnya vaksin flu ini dapat melindungi kita dari dua strain virus A (H1N1 dan H3N2) dan dua strain Virus B. Vaksin flu ini tidak mencakup pada virus C sebab virus C hanya dapat menimbulkan gejala ringan dan tidak berbahya bagi manusia.

Sumber : klikdokter.com