Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

Jamaah Haji Riau Dipulangkan Lewat Padang dan Buton

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Riau akan memulangkan jamaah haji asal Riau dari Batam dengan menggunakan 2 jalur alternatif, yakni lewat jalur udara dari Padang dan jalur laut lewat Tanjung Buton, Dumai.

 

Kepala Kanwil Kemenag Riau, Tarmizi Tohor mengatakan pihaknya akan menerapkan dua alternatif jika kondisi asap belum juga membaik.

 

"Dari embarkasi Batam akan kita pulangkan naik pesawat ke Padang, lalu menggunakan bus atau naik kapal ke Tanjung Buton di Dumai untuk selanjutnya menuju daerah masing-masing," ujar Tarmizi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis (1/10/2015).

 

Tarmizi mengungkapkan, untuk menentukan pilihan alternatif jalur, kewenangannya berada di kabupaten/kota dan pihak travel.  "Yang menentukan itu bukan dari Kanwil tetapi berdasarkan  kesepakatan antara kabupaten/kota dengan pihak travelnya," terangnya.

 

Kloter jamaah yang akan menempuh jalur alternatif adalah daerah yang tidak berada di wilayah pesisir seperti Pekanbaru, Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Pelelawan.

 

Ia berharap ketika jadwal pemulangan berjalan kondisi asap Riau sudah pulih dan tidak mengganggu penerbangan. Karena menurutnya akan sangat banyak kesulitan bila menempuh jalur alternatif jika kondisi asap masih pekat.

 

"Travel akan rugi banyak jika mengambil jalur alternatif. Karena travel akan mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk membayar truk, bus dan lain sebagainya," tandas Tarmizi.