Asap Tenggelamkan Gedung Pustaka Soeman Hs

Asap-Selimuti-Masjid-Agung-An-Nur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru dan beberapa wilayah di Riau pada Selasa-Rabu lalu, ternyata tak mampu mengusir asap hingga kini, Sabtu (27/9/2015).

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, gedung-gedung pencakar langit dengan ketinggian hingga 75 meter di Pekanbaru, tenggelam oleh asap. Gedung-gedung tersebut antara lain, Gedung Surya Dumai Group, Pustaka Wilayah Soeman Hs, hingga gedung 9 lantai perkantoran Gubernur Riau. (KLIK: Rp 100 Juta Untuk Desa Yang Mampu Cegah Karhutla)

 

Tidak hanya itu, papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru, Jalan Sudirman, menunjukkan status Tidak Sehat.(BACA JUGA: Biaya Plesiran DPRD Riau 4 Kali Lipat Dana Asap)

 

"Duh, hujan dua hari, Selasa dan Rabu, tak bisa mengusir asap ini," kata Ilen, warga Pekanbaru. (LIHAT: Fitra Sarankan Anggaran Berbasis Lingkungan Masuk APBD

 

Tidak hanya gedung-gedung pencakar langit, dua jembatan layang di Jalan Sudirman, juga tak bisa terlihat dengan jelas, seperti hari-hari sebelumnya.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru menyebutkan satelit Tera dan Aqua memantau 71 titik panas di sejumlah wilayah Sumatera. kabut asap sisa kebakaran hutan kembali menyelimuti Riau. 

 

"Titik panas terpantau pukul 07.00 pagi," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin. (INFO: Jokowi: Dua Pekan Atasi Asap Riau)

 

Sugarin mengatakan titik panas terpantau di empat daerah Sumatera. Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 55 titik, disusul Lampung 12 titik, Bangka Belitung tiga titik dan Sumatera utara satu titik. "Sedangkan Riau nihil titik panas," katanya.

 

Sugarin menjelaskan, sateit tidak memantau titik panas di Riau. Secara umum cuaca wilayah Riau cerah berawan diselimuti asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang terjadi tidak merata pada malam hari di wilayah Riau bagian tengah, utara, timur dan barat. "Temperatur maksimum 31.0-34.0 derjat calcius," ujarnya. (KLIK: Pemerintah Akan Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan)

 

Kabut asap kembali mengganggu jarak pandang di sejumlah wilayah Riau seperti Pekanbaru jarak pandang menurun hingga 1000 meter, Rengat 200 meter, Pelalawan 200 meter dan Dumai 2000 meter.