Alhamdulillah, Hujan Disertai Petir Guyur Pekanbaru

Hujan-Turun-di-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Hujan lebat mulai turun membasahi Kota Pekanbaru, Senin (13/7/2015). Bahkan di beberapa daerah seperti di Jalan Soekarno-Hatta atas, dan Sukajadi, hujan turun dengan lebatnya. 

 

"Alhmadulillah. Hujan akhirnya turun. Apakah ini karena penyemaian garam atau Salat Istisqa tadi pagi, saya tak tahu. Terpenting hujan bisa menurunkan kepekatan asap selama tiga pekan ini," kata Harry kepada RIAUONLINE.CO.ID, di Sukajadi. 

 

Ia malah mengatakan, kata temannya di Panam, malahan hujan lebat disertai petir menyambar-nyambar. Ucapan serupa rasa syukur juga disampaikan warga Pekanbaru lainnya. Utami, misalnya, ia merasa senang dengan turunnya hujan.

 

"Udara menjadi sejuk rasanya. Apalagi air sumur di rumah sudah mulai menepis," tutur perempuan berjilbab ini sambil tersenyum. 

 

(Baca Juga: Jokowi Ngantor di Riau tak Selesaikan Masalah, Buat Apa)

 

Sebelumnya, berdasarkan Satelit Terra dan Aqua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau, mencatat terdapat 21 titik api di wilayah Sumatera terindikasi sebagai kebakaran hutan dan lahan. Dari 21 titik api tersebut, 12 di antaranya terdapat di Riau.


Ke-12 titik panas di Riau tersebut tersebar di Pelalawan 4 titik, Indragiri Hulu (Inhu) 4 titik, Kampar 2 titik, Dumai 1 titik, dan Kuantan Singingi (Kuansing) 1 titik.

 

"Terdapat 12 titik panas di Riau dan dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen ada di dua kabupaten yaitu Pelalawan 1 titik dan Inhu 1 titik," ungkap Kepala BMKG, Sugari.

 

Secara umum, tuturnya, kondisi cuaca Provinsi Riau cerah berawan. Peluang hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada malam dini hari terjadi di wilayah Riau bagian Selatan, Tengah, Timur dan Pesisir Timur."

 

(Baca Juga: Walhi : Sia-sia Menteri Siti Sering ke Riau)


Menurut info alat pemantau PM10, ISPU Stamet Pekanbaru berada dalam kategori Sedang. Selanjutnya untuk jarak pandang di Kota Pekanbaru saat ini sejauh 5 km (smoke), Pelalawan 5 km (haze), Rengat 5 km (haze), dan Dumai 4 km (haze).

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline