Sungai Kuantan Kembali Meluap, 1.256 KK di Kuansing Terdampak Banjir

Banjir-di-Kuansing1.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Banjir kembali merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Kuansing. Laporan sementara pada Minggu, 31 Desember 2023, sebanyak 1.256 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir.

Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Kuantan dan sungai kecil lainnya disebabkan tingginya curah hujan beberapa pekan terakhir. Ini kali kedua sejumlah wilayah di Kuansing terendam banjir.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuansing menyebutkan ada sekitar 8 kecamatan yang terdampak banjir. Ketinggian air mencapai 40-60 cm. Meski terendam, belum ada warga yang mengungsi.

Delapan kecamatan yang terdampak di antaranya Kecamatan Cerenti, Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Pangean, Inuman, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir dan Gunung Toar.


"Dibanding banjir pertama lebih dalam yang pertama kemarin, saat ini kondisi air Sungai Kuantan di bagian hulu masih bertahan," ujar Kepala BPBD Kuansing, Andrizul dihubungi, Minggu, 31 Desember 2023.

Dia mengimbau kepada warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Kuantan untuk tetap waspada dan siaga. Karena memang curah hujan masih memungkinkan untuk terjadi.

Sejumlah laman sosial postingan warga Kuansing di Facebook juga memperlihatkan kondisi sejumlah ruas jalan dan rumah yang tergenang oleh banjir.