Sebanyak 100.620 Dosis Vaksin dari Kemenkes RI Tiba di Kuansing

Vaksin-corona10.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, TELUK KUATAN-Bantuan tambahan vaksin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah tiba di Kabupaten Kuansing pada Selasa, 23 November 2021 sore kemarin.  Vaksin tersebut merk Pfizer Covax Vaksin


"Totalnya ada 100.620 dosis vaksin, semalam sore (Selasa,red) tiba di Kuansing," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Jafrinaldi kepada Riau Online, Rabu, 24 November 2021 kemarin.

Dinkes Kuansing menargetkan pada minggu ketiga bulan Desember 2021 nanti 100.620 dosis vaksin tersebut sudah harus habis didsitribusikan kepada masyarakat. "Minggu ketiga bulan Desember ini mudah-mudahan sudah habis," kata Jafrinaldi.

Saat ini kata Jafrinaldi, Kuansing berada pada situasi level II. Hal tersebut berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 61 Tahun 2021.

 

 Jafrinaldi menghimbau dan mengajak masyarakat di Kabupaten Kuansing untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). "Kalau keluar rumah minimal pakai la masker dan juga rajin cuci tangan," ajaknya.

Dan khusus masyarakat yang belum melakukan vaksin agar mendatangi puskesmas setempat untuk segera mendapatkan vaksin. "Khusus untuk siswa, pelajar serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan harus memastikan diri kalau sudah melakukan vaksin," katanya.


Dinkes berharap Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Kuansing melalui UPTD dan Korwil Pendidikan untuk segera mendata guru maupun siswa yang belum melakukan vaksinasi agar segera melakukan vaksinasi.

"Kita minta Disdikpora melalui UPTD dan Korwil Pendidikan yang ada untuk berkoordinasi dengan Puskesmas setempat," kata Jafrinaldi.

Kemudian kepada Camat dan Kepala Desa untuk segera mendata warganya yang lanjut usia (lansia) melakukan vaksinasi. "Jika terkendala jarak tempuh silahkan hubungi Kepala Puskesmas setempat," katanya.