Tepati Janji, Bupati Andi Putra Tempatkan Tiga Damkar di Kecamatan

Andi-Putra12.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Bupati Andi Putra tepati janji politiknya menempatkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) di tiap daerah pemilihan pemilihan (dapil) di tiga posko kecamatan yakni Kuantan Mudik, Kuantan Hilir dan Koto Baru Kecamatan Singingi Hilir.


Acara pelepasan tiga unit mobil damkar tersebut digelar di depan kantor Satpol PP Pemadam dan Penyelamatan Kuansing, Kamis, 2 Agustus 2021. Acara pelepasan langsung dihadiri Bupati Andi Putra.

"Ini untuk memperpendek jarak kendali jika terjadi kebakaran di tiap dapil di sejumlah kecamatan. Masyarakat tidak perlu menunggu damkar dari Teluk Kuantan, karena sudah ada di tiap dapil. Jadi penanganan bencana lebih cepat," ujar Bupati Andi Putra saat hadir pada acara apel pelepasan didepan kantor Satpol PP Pemadam dan Penyelamatan Kuansing.

 

Untuk wilayah Kuantan Hilir, meliputi Kecamatan Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti, mobil damkar dan posko damkar dipusatkan di Baserah. Kemudian, untuk wilayah Kuantan Mudik meliputi Kecamatan Gunung Toar, Kuantan Mudik, Pucuk Rantau dan Hulu Kuantan, posko damkar dipusatkan di danau kebun nopi Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik.

Sedangkan wilayah Singingi meliputi Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir, poskonya di pusatkan dikantor Camat Singingi Hilir di Desa Koto Baru.

Berdasarkan pengalaman selama ini jika ada kebakaran di Teluk Kuantan, mobil damkar pun kadang terlambat. Apalagi yang berada di wilayah kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten.

"Namun ini bencana, tak bisa dielakkan. Kita harus lebih semangat, lebih mengedepankan kinerja sebagai petugas damkar," ujar Andi memberi motivasi petugas.

Bupati pun mengingatkan agar petugas damkar siap siaga 24 jam. Ketika terjadi bencana kebakaran, harus segera ke lokasi. "Petugas harus sigap. Jangan sampai ada yang lalai. Kalau lalai, tidur-tiduran di posko, percuma saja. Kita harus berwas-was," tegas Andi.

Dia pun berharap, keberadaan mobil damkar di setiap dapil ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kuansing, terutama dalam hal pelayanan pemadaman kebakaran.

 

 

 

"Kepada masyarakat, kita juga mengimbau tingkatkan kewaspadaan. Jangan karena damkar sudah dekat, lalu kita lalai. Tentunya, kita semua berharap, tidak ada bencana," ujar Andi Putra.

Senada dengan itu, Kasatpol PP Kuansing, Erdiansyah menyatakan ditempatkannya mobil damkar di kecamatan guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Mobil ini langsung ke kecamatan. Setiap posko, akan ada 15 personil," kata Erdiansyah.

Satu sip terangnya akan ada 5 personil yang piket dan mobil damkar yang ditempatkan itu dua fuso dan satu jenis coldiesel. "Mudah-mudahan ada tambahan satu unit tahun depan, sehingga tiga posko ini bisa dihuni mobil damkar jenia fuso," katanya.