Gara-gara Kritik LGBT, Nike Putus Kontrak dengan Manny Pacquiao

Manny-Pacquiao.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Gara-gara mengkritik kaum lesbian , gay, biseksual, transgender (LGBT), petinju Filipina, Manny Pacquiao kehilangan kontrak dengan produsen alat olahraga, Nike. Perusahaan asal Amerika itu memutus kontrak kerja karena berprinsip menolak keras semua jenis diskriminasi.

 


Sebelumnya, Manny sempat mengeluarkan komentar keras terkait keberadaan homoseksual. Menurut dia, homoseksual "lebih rendah dari binatang". Komentar Pacquiao itu disampaikannya dalam wawancara yang ditayangkan televisi TV5 pada Senin (15/2).

 


"Bagi kami komentar Manny Pacquaio sangat memuakkan," demikian bunyi pernyataan resmi Nike. "Kami sangat menentang semua jenis diskriminasi dan kami memiliki sejarah panjang mendukung hak-hak komunitas LGBT. Kami tak lagi memiliki hubungan dengan Manny Pacquiao."

 



Sementara itu, Pacquaio menganggap apa yang terjadi merupakan masalah yang mendasar. Dia juga mencontohkan binatang yang tidak pernah berhubungan dengan yang berjenis kelamin sama.

 


"Bintang lebih baik karena mereka bisa membedakan jantan dan betina. Jika lelaki berhubungan dengan lelaki, dan wanita berhubungan dengan wanita, maka mereka lebih buruk dari binatang," kritiknya.

 


Namun, Pacquiao sudah meminta maaf atas komentarnya itu lewat Twitter dan Facebooknya. Petinju 37 tahun itu menegaskan ia tetap dengan keyakinannya, namun tidak berniat untuk "mengutuk LGBT".

 


"Saya minta maaf karena melukai orang lain dengan membandingkan homoseksual dengan binatang," kata Pacquiao. "Bagi mereka yang terluka, tolong maafkan saya."