Anak Suka Makan Gula, Hati-hati Bisa Memicu Stres

Gula.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Menonsumsi gula sih penting bagi tubuh. Tapi jika berlebihan, bukan sehat yang didapat tapi penyakit. Tahukah kita? satu di antara organ tubuh yang bisa sakit jika mengkonsumsi gula berlebih adalah otak.

 


Berdasarkan penelitian di University of New South Wales, Australia, ditemukan adanya perubahan hippocampus atau bagian otak yang mengatur fungsi memori dan stres, pada anak yang terlalu banyak makan makanan manis.

 


Anak-anak yang sering makan makanan manis setiap hari akan berisiko mengalami stres lebih awal.
Dalam penelitian terhadap tikus, peneliti menemukan hippocampus yang sama antara tikus stres yang tidak diberi gula dan tikus yang sebelumnya tidak stres tetapi terus diberi gula.


 


Jayanthi Maniam dan Profesor farmakologi Margaret Morris daribUniversity of New South Wales, Australia mengatakan, penelitian ini seharusnya dapat mendorong semua orang untuk segera mengurangi asupan gula per hari, termasuk anak-anak atau remaja. Sebab gula berlebihan tak hanya menjadi masalah bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental.

 


Konsumsi gula yang dianjurkan hanya 50 gram gula atau 4 sendok makan per hari. Sayangnya, banyak anak-anak, khususnya mulai dari usia 9 tahun hingga 16 tahun yang asupan gulanya berlebihan. Dari makanan dan minuman manis yang dikonsumsi setiap hari itu tidak diketahui berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuh.

 


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun merekomendasikan tidak lebih dari 10 persen dari energi harian seseorang berasal dari tambahan gula. Gula alami bisa ditemukan dalam jus buah murni dan madu.