Pemerintah Bakal Terbitkan KTP Digital Mei 2024, Cek Kecanggihannya

Ilustrasi-IKD.jpg
(Jatimpedia)

RIAU ONLINE - Pemerintah bakal meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital pada Mei 2024 mendatang. Masyarakat nantinya tidak perlu lagi ke kelurahan untuk mendapat/mengganti KTP maupun fotokopi untuk keperluan tertentu.

"Kalau ini selesai insyaallah Mei atau Juni untuk memperoleh IKD masyarakat tak perlu lagi ke kelurahan ke desa, cukup pakai biometrik nanti akan mendapatkan IKD," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Azwar Anas di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari kumparan, Selasa, 26 Maret 2024.

Sementara saat ini, pemerintah tengah menyiapkan satu portal canggih yang bisa mengakses berbagai kebutuhan masyarakat, mulai dari Sertifikat Standar Usaha (SSU), sertifikat elektronik, hingga IKD tersebut.

Portal nasional untuk IKD berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Azwar menjelaskan, adanya satu portal canggih itu sesuai dengan imbauan presiden agar tak ada aplikasi baru yang dibentuk kementerian/lembaga.

"Sekarang masih banyak sekali aplikasi dan presiden telah perintahkan tidak boleh ada lagi aplikasi. Nah tadi kami sudah sampaikan kepada bapak presiden pilihan logo untuk ina digital," terang Azwar.

"Ini adalah istilah detail karena ini akan menjadi kunci. Sehingga dengan demikian ada portal nasional yan akan melayani satu pintu seluruh layanan tadi," tambahnya.