PSI Belum Tentu Dukung Prabowo walaupun Gibran Jadi Cawapres

Kaesang-Pangarep26.jpg
((ANTARA/ Mario Sofia Nasution))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua Umum Dewan Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menyatakan hingga kini partainya masih belum menentukan nama calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Namun, saat ditanya bila sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden (cawapres) menjadi pendamping Prabowo, ia menjawabnya diplomatis.

Kaesang menyatakan bakal mendengar aspirasi dari kadernya.

"Balik lagi saya harus fair. Saya harus mendengar aspirasi seluruh teman-teman dari PSI di DPD, DPW, semuanya. Karena kita mengambil ini keputusan bersama bukan karena saya dekat dengan Pak Wali Kota," kata Kaesang saat berdialog dengan anak-anak muda di Kota Tasikmalaya pada Senin (9/10/2023).


Selama ini, nama Gibran sendiri santer digadang-gadang bakal menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. Namun hingga kini partai koalisi pendukung Prabowo Subianto yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju, yakni Partai Gerindra, Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, dan Partai Demokrat belum menetapkan bakal cawapres untuk mantan Danjen Kopassus itu.

Sementara itu, Anggota Dewan Pembina PSI Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka menilai empat nama yang muncul dalam bursa cawapres pendamping Prabowo memiliki kapasitas dan kompetensi yang baik.

"Empat nama itu kerjanya bagus-bagus dan tentunya kompeten. Tetapi, keputusan akhir tentu menunggu dari KIM seperti apa," katanya.

Hingga kini, ada empat nama yang masuk dalam bursa kandidat bakal cawapres, yakni Airlangga Hartarto yang diusulkan Golkar, Erick Thohir usulan PAN, Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat Wali Kota Solo, dan Khofifah Indar Parawansa, saat ini Gubernur Jawa Timur.

Namun, Isyana mengingatkan bahwa PSI belum menentukan arah dukungannya Pilpres 2024, walau perwakilan partai sering hadir pada acara-acara deklarasi yang mendukung Prabowo maju sebagai calon presiden (capres) dikutip dari suara.com