Keakraban Jokowi, SBY, dan Prabowo dalam "Parade Senja" Sebelum Pamit

Jokowi-SBY-dan-Prabowo.jpg
(Dokumentasi via Suara.com)

RIAU ONLINE - Pemandangan tak biasa tertangkap kamera di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Senin, 9 Oktober 2023. Presiden Jokowi, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus bakal calon presiden, Prabowo Subianto, tampak akrab saat Parade Senja.

Jokowi tampak mengenakan stelan jas biru dan peci hitam. Sedangkan SBY dan Prabowo kompak mengenakan jas putih lengkap dengan bintang bertengger di pundak.

Dalam foto itu terlihat Jokowi tertawa sembari melihat SBY. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan ketika itu Jokowi sedang pamit untuk meninggalkan acara Parade Senja.

"Itu ngobrol-ngobrol setelah upacara parade senja penurunan bendera Merah Putih, sebelum pamitan Pak Presiden Jokowi ngobrol dan bercengkrama dengan Menhan dan Presiden ke-6, Pak SBY," kata Dahnil, dikutip dari Suara.com, Selasa, 10 Oktober 2023.


Kehangatan di antara mereka disambut ditanggapi positif oleh Dahnil. Ia berharap keakraban para pemimpin bangsa ini terus terjalin.

"Kita berharap pemimpin bangsa bisa begitu terus sehingga Indonesia lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik, Ujang Komarudin, memaknai foto tersebut sebagai pertanda dukungan di Pilpres 2024. Menurutnya, Prabowo telah mendapat dukungan dari Jokowi dan SBY untuk menjadi presiden.

"Ya ini kelihatannya tanda-tanda dukungan yang kuat dari Mantan Presiden ke 6 SBY dan Presiden ke 7 Jokowi sebagai sesuatu yang positif bagi Prabowo, ada tanda-tanda arah angin sinyal semakin kuat jelang Pilpres untuk Prabowo,” kata Ujang.

Ujang bahkan melihat adanya dukungan yang kompak dari Jokowi dan SBY untuk Prabowo.