Cerita di Balik Kuala Kencana, Kota Modern Indonesia yang Tersembunyi di Belantara

Kuala-Kencana.jpg
(Tangkapan layar IG Kuala_Kencana_City via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Kuala Kencana menjadi kota yang diklaim modern di Indonesia. Tidak banyak yang tahu tentang kota yang tersembunyi di balik belantara ini.

Secara harfiah, Kuala diartikan sebagai pertemuan dua sungai. Sedangkan, kencana berarti emas. Kuala kerap digunakan sebagai nama untuk menyebut suatu daerah. Sejumlah kaota terkenal di bahkan telah menggunakan kata kuala. Sebut saja, Kuala Lumpur di Malaysia, Kuala Baru di Aceh, dan Kuala Indah di Jambi.

Menariknya, Kuala Kencana tak seperti kota-kota lain di Indonesia. Ia berada di tengah belantara. Namun, keasrian, kesejukan dan kebersihan kawasan ini membuat banyak orang terpesona.

Kuala Kencana disebut sebagai kota modern pertama bahkan di Indonesia. Menurut Wikipedia, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com, Selasa, 3 Oktober 2023, Kuala Kencana merupakan sebuah distrik di Kota Timika, Kabupaten Timika, Papua.

Kota ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995. Distrik ini dikelola sepenuhnya oleh PT Freeport Indonesia.

Jarak antara ibu kota distrik ke ibu kota kabupaten adalah 20 kilometer.

Kuala Kencana bahkan menjadi kota pertama di Indonesia yang dilengkapi sistem saluran air kotor yang kemudian disalurkan ke pusat pengelolaan limbah.


Sejumlah kompleks pemukiman pun dibangun di Kuala Kencana, yakni RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter.

Adapula satu sekolah lokal, satu sekolah internasional, satu klinik, satu musala, satu masjid, satu gereja, dan beberapa fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket, lapangan golf, dan lainnya.

Kuala Kencana juga menjadi kota pertama di Tanah Air yang menggunakan underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih, dan pengolahan limbah yang terpusat.

Di sini kamu tidak akan menemukan tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang sering terlihat semrawut di sejumlah kota lainnya. Sebab, semua kabel di sini tertanam rapi di dalam tanah.

Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas yang dikelola PTFI. Namun sebenarnya bukan kawasan yang dikhususkan untuk wisata.

Hanya orang-orang yang memiliki karta identitas ID PTFI atau yang telah mengantongi izin tertentu diperbolehkan masuk ke daerah ini.

Setiap kendaraan yang akan masuk ke Kuala Kencana mungkin harus melewati pemeriksaan ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timiki-Kuala Kencana.