Panglima TNI Minta Maaf ke Warga Rempang Soal Kata Piting

Laksamana-Yudo-Margono7.jpg
(Suara.com/Novian Ardiansyah)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Instruksi piting Panglima TNI Laksamana Yudo Margono ke warga Pulau Rempang, Kepulauan Riau (Kepri) yang melakukan aksi unjuk rasa menuai respons negatif.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono punmenyampaikan permintaan maaf terkait instruksi piting ke warga Pulau Rempang itu.

Yudo mengatakan ucapan piting yang disampaikannya belakangan disalahtafsirkan.

"Pada kali ini saya mohon maaf, sekali lagi saya mohon maaf atas pernyataan kemarin, yang mungkin masyarakat menilai salah dipiting," ujar Yudo kepada wartawan di Batam, Kepri, Selasa (19/9/2023).

Yudo menilai, penggunaan kalimat itu biasa digunakannya dalam konteks bukan penggunaan kekerasan. Dia pun merasa tindakan tersebut lebih aman karena TNI tidak memiliki alat ketika berhadapan dengan massa aksi.

"Itu saya nggak tahu karena bahasa saya itu orang ndeso, yang biasa mungkin melaksanakan dulu waktu kecil kan sering piting-pitingan dengan teman saya tuh. Saya pikir dipiting lebih aman, karena memang kita tak punya alat,"

Penjelasan TNI


Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono meluruskan maksud dari perintah dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk memiting warga saat demo Pulau Rempang, Kepulauan Riau (Kepri).

Julius menyebut instruksi piting dari Yudo artinya setiap prajurit TNI harus merangkul warga agar terhindar dari bentrokan.

“Disampaikan di forum prajurit, yang berarti setiap prajurit merangkul satu masyarakat agar terhindar dari bentrokan. Kadang-kadang bahasa prajurit itu suka disalahartikan oleh masyarakat yang mungkin tidak terbiasa dengan gaya bicara prajurit,” kata Julius dalam keterangannya, dikutip Selasa (19/9/2023).

Meski begitu, Julius memahami jika ada kesalahan tafsir atas pernyataan itu. Dia mengatakan Panglima TNI sangat tidak berharap kebrutalan dilawan dengan kebrutalan.

Julius turut mengomentari mengenai ramainya video di media sosial yang menampilkan perintah Yudo untuk memiting warga Rempang. Menurutnya, Yudo meminta agar prajurit menahan diri ketika situasi mulai ricuh.

“Sehingga meminta agar masing-masing pihak untuk menahan diri,” ujar Julius.

Sebagai informasi, awalnya beredar unggahan video di media sosial X yang bernarasikan Panglima TNI diduga memerintahkan piting kepada bawahannya untuk menangani kericuhan saat demo Rempang.

“Dari masyarakatnya itu satu orang miting satu itu kan, umpamanya masyarakat seribu, ya kita keluarkan seribu, satu miting satu kan selesai,” kata Yudo dalam video tersebut.

Diketahui, instruksi itu disampaikan Yudo ketika memimpin Bimtek di Mabes TNI, Jakarta Timur, pada (12/9/2023) lalu. Namun belum jelas maksud dan tujuan perintah tersebut, lantaran ketika Yudo memerintahkan piting, video yang ditampilkan YouTube Puspen TNI terputus-putus.

Kekinian, video tersebut sudah tidak bisa diakses oleh publik dikutip dari suara.com