Terjawab Pemilik Kerangka Manusia yang Ditemukan saat Revitalisasi Benteng Keraton Jogja

Tengkorak2.jpg
(Kontributor Suarajogja.id/Putu Ayu Palupi])

RIAU ONLINE, YOGYAKARTA-Identitas tengkorak manisia yang ditemukan saat penggalian proyek revitalisasi benteng Keraton Jogja, Jalan Suryamentaraman Wetan, RT 55 RW 14, Panembahan, Keraton, Jogja beberapa waktu lalu telah selesai.

Polisi memastikan proses identifikasi dugaan kerangka manusia yang ditemukan di proyek itu diduga kuat kerangka merupakan warga zaman dulu yang telah dimakamkan di lokasi tersebut.

Hal ini disampaikan Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo. Ia menuturkan kerangka manusia itu juga telah dimakamkan kembali pada Senin (21/8/2023) kemarin.

"Kerangka saat ini informasi terakhir sudah dimakamkan. Proses identifikasi sudah selesai," kata Timbul, Kamis (24/8/2023).

Dari hasil identifikasi, pihaknya memastikan tidak ditemukan sesuatu yang signifikan dari kerangka tersebut. Termasuk tidak adanya bekas kekerasan maupun yang lain.


"Jadi tidak ditemukan hal-hal yang menyangkut dari tindak pidana," ungkapnya.

Kerangka manusia tersebut dimakamkan kembali di Makam Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Sidikan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dikatakan Timbul, pihak RS Bhayangkara telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta guna pemakaman kerangka tersebut.

Kemudian dari Dinas Sosial Kota Yogyakarta berkoordinasi dengan BPBD Kota Yogyakarta untuk prosesi pemakaman termasuk menyiapkan mobil ambulans.

Pemakaman kerangka dilakukan Senin kemarin pada pukul 11.30 WIB dengan berjalan dengan lancar dan aman.

Terkait kerangka sendiri, kata Timbul, memang diduga kerangka manusia. Sebab disinyalir lokasi galian proyek itu dulunya juga merupakan makam peninggalan zaman dulu.

"Warga sekitar tidak mengetahui ada nya makam di lokasi penemuan kerangka tersebut. Dimungkinkan kerangka yang ditemukan itu dari pemakaman warga zaman dulu," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, diduga kerangka manusia ditemukan di sebuah galian Proyek Revitalisasi Beteng Keraton pada Senin (7/8/2023) lalu. Petugas gabungan kepolisian langsung mengevakuasi temuan dan diidentifikasi ke RS Bhayangkara dikutip dari suara.com