Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Sekjen PDIP: Mundur atau Sanksi Pemecatan

Prabowo-dan-Budiman.jpg
(ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.)

RIAU ONLINE - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan akan memastikan pihaknya akan memberikan disiplin tegas terhadap kader PDIP, Budiman Sudjatmiko, yang secara terang-terangan menyatakan dukungannya untuk Prabowo Subianto.

Hasto mengatakan Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun, akan menyampaikan sanksi yang akan diterapkan untuk Budiman pada Senin, 21 Agustus 2023, besok.

"Nanti, Pak Komarudin akan mengumumkan, yang jelas partai tidak mentolerir terhadap tindakan indisipliner setiap kader partai. Partai akan mengambil suatu tindakan yang tegas. Opsinya mengundurkan diri atau menerima sanksi pemecatan," kata Hasto, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 20 Agustus 2023.

Menurut Hasto, langkah kubu Prabowo Subianto yang membajak Budiman Sudjatmiko justru membuktikan ketidakpercayaan diri bakal capres yang akan diusung Gerindra pada Pemilu 2024.

"Setelah mengeroyok Ganjar Pranowo, mereka masih menggunakan bujuk rayu kekuasaan mencoba bertindak tidak etis, terapkan devide at impera," kata Hasto di sela Rakerda III DPD PDIP Kalimantan Timur, dikutip dari keterangannya.

"Dengan melakukan politik devide et impera itu sebenarnya menunjukkan ketidakpercayaan diri dari pihak sana," lanjut Hasto.


Ia juga memberi catatan soal lokasi deklarasi dukungan itu yang berlangsung di Jawa Tengah. Hasto menyebut tindakan yang dilakukan Budiman dan Prabowo di Semarang, justru akan membuat kader PDIP di Jawa Tengah semakin solid.

Tindakan seperti ini justru akan membuat semangat kader Banteng semakin bergelora. Kejadian itu, menurut Hasto, mirip dengan yang pernah terjadi ketika Pemilu 2019 lalu.

Saat itu, kubu Prabowo membangun posko di wilayah Solo, yang merupakan tempat asal Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu menjadi lawannya.

Hasilnya, kubu Prabowo justru harus melenggang kalah. Sebab tindakan itu justru makin membuat semangat serta militansi kader dan pendukung semakin besar.

"Apa yang terjadi itu justru malah membangunkan spirit seluruh kader-kader PDI Perjuangan, apalagi pengumumannya dilakukan di Jawa Tengah. Ini membangkitkan militansi seluruh kader-kader PDI Perjuangan," kata Hasto.

Selama ini, kata Hasto, PDIP selalu mengedepankan etika politik dan setiap orang yang masuk PDIP atas dasar kesukarelaan bukan dibajak atau diiming-imingi.

Budiman mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo dalam acara sukarelawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 18 Agustus 2023.

Budiman menyuarakan dukungannya untuk Prabowo di saat dirinya masih menyandang status kader PDI Perjuangan, parpol yang mengusung Ganjar Pranowo.