Densus 88 Bekuk 2 Teroris JAD, Satu Hendak Hijrah ke Suriah

Ilustrasi-penangkapan-teroris.jpg
(Istimewa via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Densus 88 Anti Teror Polri membekuk dua terduga teroris di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat, 14 Juli 2023. Keduanya ialah HSN alias UL dam OS alias O.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, mengatakan HSN alias UL diamankan di Selong. Sedangkan OS alias O ditangkap di Pelabuhan Lembar.

"Pada Jum’at, 14 Juli 2023 diduga pelaku HSN alias UL berhasil ditangkap di Selong, Lombok Timur, NTB pukul 20.30 WITA. Tak berlangsung lama di tempat yang berbeda diduga pelaku OS alias O ditangkap di dermaga Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB," ujar Ahmad dalam keterangannya, Minggu, 16 Juli 2023, dikutip dari Liputan6.com

Ahmad menyebut keduanya termasuk dalam kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Kata Ahmad, keduanya memiliki peran masing-masing.


Ahmad menjelaskan, HSN alias UL yang memiliki paham Daulah Islamiyah sejak 2015-2017 berperan dalam merekrut H untuk menjadi anggota JAD Bima. H saat ini menjadi buronan alias DPO.

Sedangkan OS alias O merupakan anggota Anshor Daulah Lombok Timur yang aktif mengikuti pertemuan maupun kajian di Rumah Quran Aik Berik dan di rumah HSN alias UL.

Sejak 8 Agustus 2022 hingga kini OS alias O aktif membahas tentang Daulah Islamiyah lewat percakapan grup WhatsApp kajian Islam Kaffah dan di media sosial Facebook miliknya dengan nama akun Hamzah.

"Pada postingannya OS alias O memposting video tutorial pembuatan bom dan senjata api rakitan dan memiliki rencana untuk hijrah ke Suriah," kata Ahmad.