Deretan Insiden Kocak di Hari Raya Kurban: Sapi Tercebur hingga Masuk Tol

Sapi-kurban-kabur.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE - Segudang insiden kocak hingga jantungan masih mewarnai perayaan Idul Adha tahun ini. Mulai dari hewan kurban mengamuk hingga lepas dari penjagalan.

Sejumlah di antaranya viral diabadikan lewat kamera netizen dan viral di media sosial. Lucunya, beberapa hewan kurban kabur ke tempat-tempat tak biasa untuk bersembunyi dari tukang jagal yang hendak menyembelih.

Bukan cuma pelataran masjid dan sekitarnya, hewan kurban berlari dan bersembunyi di tempat bimbingan belajar (bimbel) sampai masuk tol.

Sapi tercebur ke sumur

Seekor sapi kurban di Citareup, Bogor, mengamuk saat hendak disembelih, Kamis, 29 Juni 2023.

Kasi Penyelamatan dan Kedaruratan Dinas Damkar, Kabupaten Bogor, mengungkap pihaknya berhasil mengevakuasi sapi tersebut setelah tercebur ke sumur sedalam 5 meter.

Meski berhasil diselamatkan, sapi itu akhirnya disembelih di lokasi yang tidak jauh dari sumur tersebut, lantaran kondisinya sudah kritis. Sapi tersebut mengalami kritis usai dievakuasi selama 7 jam mulai mulai pukul 19.00 WIB sampai 02.00 WIB.

Awalnya sapi itu hendak dibawa ke tukang jagal, namun akhirnya mengamuk hingga lepas, sebagaimana diungkap pembeli sapi bernama Rizki, dikutip dari Suara.com, Jumat, 30 Juni 2023.


Sapi kabur nyaris seruduk warga

Kejadian serupa juga dialami sapi kurban di area Masjid Al-Hidayah, Purwakarta, Jawa Barat. Ketika itu, sapi mengamuk diduga stres dengan banyaknya kerumunan warga yang menyaksikan penyembelihan.

Petugas kurban tak kuasa menahan sapi itu hingga lepas ke teras masjid dan nyaris menyeruduk sekelompok remaja yang ikut membantu proses kurban.

Sapi masuk jalan tol

Seekor sapi berhasil panen gelak tawa publik atas ulahnya kabur masuk ruas jalan Tol Jembatan Tiga, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis kemarin.

Sapi tersebut adalah milik jemaat Masjid Jami'Nurudin, Jalan Gedung Panjang RT 04 RW 10, Pakojan, Tambora, Jakarta Barat.

Gegara ngamuk, sapi tersebut berhasil lepas dari para petugas kurban dan lari masuk ke ruas jalan tol. Akhirnya, sapi tersebut berhenti di KM 21.800 jalur B arah Tanjung Priok dan kembali ke tangan petugas kurban.

Sapi masuk bimbel

Bukan untuk belajar, seekor sapi di Semper Raya, Koja, Jakarta Utara, kabur dan masuk ke tempat bimbel Rabu, 28 Juni 2023.

Sapi tersebut mengamuk lantaran stres hendak disembelih untuk kurban. Binatang berbobot setengah ton tersebut juga sempat masuk paksa dan memecahkan kaca sebuah mini market usai lepas dari penjagal.