Polri Bekuk Terduga Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata

Karopenmas-Divisi-Humas-Polri.jpg
(ANTARA/Fath Putra Mulya)

RIAU ONLINE - Aparat kepolisian telah menangkap seorang terduka pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial KTH alias PH.

"Pada hari Jumat, 19 Mei 2023, pukul 13.30 WIT, telah diamankan salah satu terduga (pimpinan) kelompok KKB inisial KTH alias PH," Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu, 21 Mei 2023.

Ramadhan menjelaskan KTH alias PH diduga terlibat dalam beberapa aksi kejahatan KKB di wilayah hukum Polres Yahukimo, Papua Pengunungan.

Beberapa di antaranya pembunuhan terhadap anggota TNI pada 4 November 2023 dan penembakan yang menewaskan anggota Polres Yahukion, Brigpol Usdar, pada 29 November 2022.

"(Selain itu) Penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif pada tanggal 30 November 2022 (dan) penembakan terhadap Polres Yahukimo pada tanggal 30 Desember 2022," lanjut Ramadhan.


Selain itu, Ramadhan mengatakan KTH juga ditetapkan sebagai tersangka peristiwa penembakan terhadap anggota Brimob pada 30 November 2022. KTH ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan dua alat bukti yang ditemukan terkait keterlibatannya di perkara itu.

"Saat ini, pimpinan kelompok KKB KTH alias PH telah diserahkan kepada penyidik tim investigasi Operasi Damai Cartenz dan diamankan di Gedung Dirkrimum Polda Papua," jelasnya.

Penangkapan KTH alias PH tersebut didalami melalui AS, tersangka penembakan anggota Brimob pada 30 November 2022, yang sebelumnya telah ditangkap polisi.

"Tim investigasi dibantu penyidik Polres Yahukimo melakukan konfirmasi dengan menunjukkan foto KTH alias PH kepada AS," ujar Ramadhan.

AS membenarkan bahwa orang yang ada di foto tersebut adalah KTH alias PH, pemimpin KKB. Ramadhan menyebut identitas KTH sudah dikonformasi berdasarkan data kependudukan. (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Dilarang mengutip berita ini, kecuali seizin ANTARA