Gempa 6,9 Guncang Mentawai Berdampak hingga ke Sumut, Begini Penjelasan BMKG

ILUSTRASI-GEMPABUMI1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Gempa 6,9 magnitudo mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 25 April 2023, sekitar pukul 03.00 WIB. Gempa juga berdampak ke Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa ini terjadi di zona megathrust.

"Gempa ini merupakan event gempa di segmen Megathrust Mentawai Siberut, rangkaian yang banyak diteliti ilmuwan karena rangkaian energi di sini belum semua rilis," kata Daryono, dikutip dari kumparan.

Daryono menyebut potensi gempa di zona Siberut-Mentawai sebelumnya 8,9 magnitudo. Kemudian, energinya berkurang karena gempa berkekuatan di atas 6, termasuk yang pagi ini masih terus terjadi.


"Di lampung sudah 7,9 M di Aceh 9,1 M. Kemudian di Nias 8,5 M dan Bengkulu 8,7 M dan Pagai 7,9 M," tuturnya.

"Ini bisa mengurangi konsentrasi energi rilis sehingga potensi yang tersimpan dipastikan berkurang karena rangkaian berkekuatan 6 sudah keluar," jelas Daryono.

"Dan laporan belum ada kerusakan dan hanya tsunami minor," tutupnya.

Zona megathrust adalah daerah pertemuan antar lempeng tektonik Bumi di lokasi zona subduksi. Lempeng tektonik Bumi bisa mencapai ribuan kilometer dan menjadi dasar benua dan samudra. Pelat-pelat ini bertabrakan, meluncur, dan bergerak menjauh satu sama lain.