Rommy Sebut Sandiaga Uno Mau Masuk PPP karena Ingin Jadi Bacawapres

Sandiaga-Uno12.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kabar Sandiaga Uno ingin merapat ke Partai Persatuan Pembangunan direpons positif Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Romahurmuziy alias Rommy.

Rommy mengungkap maksud Sandiaga Uno ingin merapat ke partai berlambang kakbah tersebut. Menurutnya, Sandi ingin merapat ke partainya hanya untuk dua hal.

Pertama, Rommy menyampaikan, Sandiaga ingin merapat ke PPP memang memiliki niat untuk membesarkan partai yang sudah berusia setengah abad tersebut.

"Sejak awal Sandi mendekati PPP untuk dua hal membantu membesarkan PPP," kata Rommy saat dihubungi pada Selasa (11/4/2023).

Kedua, Rommy mengungkapkan, merapatnya Sandi ke PPP hanya untuk menantang diri sebagai kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres).

"(Merapat ke PPP) men-challenge sebagai kandidat cawapres," tuturnya.

Sementara itu, ketika ditanya soal kemungkinan PPP mempersiapkan Sandi untuk menduduki kursi ketua umum partai, Rommy hanya menjawab secara diplomatis.

Ia kembali menegaskan, tujuan Sandi masuk ke PPP hanya dua hal itu saja.


"Cuma dua hal ini aja sejak awal," pungkasnya.

Pernyataan Prabowo

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto lagi-lagi bicara soal rumor kepindahan Sandiaga Uno dari Gerindra ke PPP. Ia menegaskan, Sandi sudah lama tidak mengatakan mau pindah partai kepada dirinya.

"Ya sudah lama, beliau tidak mengatakan mau pindah, mungkin kalian saja yang mengarang," kata Prabowo di kediamannya Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023) malam.

Namun, Prabowo menegaskan, jika Gerindra merupakan partai yang terbuka. Lantaran setiap orang boleh bergabung dan setiap orang juga boleh keluar partai.

"Tapi, demokrasi kita, adalah demokrasi yang nyata, parpol kita terbuka, setiap orang boleh masuk, asal memenuhi persyaratan partai. Dan setiap org boleh pindah parpol nggak ada masalah," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno ternyata sudah menyampaikan langsung keinginannya untuk hengkang lalu berpindah ke partai lain. Keinginan Sandiaga ini lalu diminta dipertimbangkan kembali oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Hal ini diketahui dari pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco melalui keterangan video yang diterima Suara.com.

"Memang Pak Sandi sudah langsung menyampaikan bahwa Pak Sandi ingin keluar dari Partai Gerindra dan bergabung dengan partai lain," kata Dasco dikutip Senin (10/4/2023).

Dasco lantas menyampaikan bagaimana respons Prabowo mendengar keinginan Sandiaga. Menteri Pertahanan RI itu menyampaikan agar Sandiaga mempertimbangkan kembali apa yang menjadi hajatnya untuk hijrah dari Gerindra.

"Nah yang disampaikan Pak Prabowo juga itu adalah pertimbangan terutama untuk kebaikan Pak Sandi. Disampaikan bahwa Pak Sandi, apakah sudah memikirkan baik-baik dan sebaiknya dipikirkan lagi kembali baik-baik untuk kepentingan Pak Sandi sendiri ke depan," tutur Dasco mengulang apa yang disampaikan Prabowo.

Kendati demikian, Gerindra menyerahkan keputusannya kepada Sandiaga.

"Namun apapun itu keputusannya kan ada di Pak Sandi sendiri," ujar Dasco.

Dasco mengatakan sikap Gerindra serupa dengan sikap Prabowo. Di mana Gerindra tidak akan menghalang-halangi kader yang ingin mengambil langkah politik berbeda dikutip dari suara.com