Pengumuman! THR untuk ASN hingga Pensiunan Mulai Dicairkan Hari Ini

ASN.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Pencairan tunjangan hari raya (THR) untuk ASN atau PNS, Polri, dan TNI, akan dimulai Selasa, 4 April 2023, hari ini. Pengumuman ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rabu pekan lalu.

"Untuk pencairan THR akan dimulai pada H-10 Idul Fitri, ini kira-kira tanggal 4 April sudah mulai dicairkan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers, Rabu, 29 Maret 2023, dikutip dari kumparan.

Pencairan THR tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2023 yang diteken langsung oleh Presiden Jokowi pada 29 Maret 2023. Beleid tersebut mengatur soal THR dan gaji ke-13 bagi ASN, pensiunan, dan penerima tunjangan.


THR tahun ini akan diberikan kepada seluruh ASN atau PNS yang terdiri dari ,8 juta ASN pusat yakni pejabat negara hingga TNI/Polri, serta 3,7 juta ASN daerah dan 2,9 juta pensiunan.

Sementara, jika THR belum dapat dibayarkan hingga Idul Fitri, maka ASN dapat menerima THR sesudah Idul Fitri.

Komponen THR 2023 diberikan sebesar gaji atau pensiun pokok. Ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiun pokok berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, serta 50 persen tunjangan kinerja bulanan.