Dilantik Sore Ini, Dito Ariotedjo Bakal Jadi Menteri Termuda Selama Era Reformasi

Dito-Ariotedjo.jpg
(Istimewa via Suara.com)

RIAU ONLINE - Dito Ariotedjo menjadi sosok yang dipilih Presiden Jokowi untuk menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang mundur lantaran ingin fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Sore ini, Senin, 3 April 2023, Dito akan resmi dilantik sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi. Dito yang masih berusia 32 tahun bakal menjadi menteri termuda, bahkan selama era reformasi.

Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu merupakan salah satu anggota tim ahli Menko Perekonomian. Dito juga jadi anggota termuda dalam tim ahli itu. Di Golkar, Dito mendapat kepercayaan sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Lantas, siapa saja menteri termuda Indonesia yang pernah menjabat di Indonesia? Berikut sebagaimana dirangkum dari kumparan:

1. Setiadi Reksoprodjo


Setiadi Reksoprodjo merupakan pria kelahiran Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah pada 18 September 1921. Setiadi ditunjuk sebagai sebagai Menteri Penerangan RI dalam Kabinet RI ke V (Kabinet Mr. Amir Sjarifudin I) pada Juli 1947 saat usianya masih 25 tahun.

2. Ahmad Helmy Faishal Zaini

Memasuki era reformasi, Ahmad Helmy Faishal Zaini menjadi menteri termuda yang dilantik di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat dilantik pada 2009, Helmy yang ditunjuk menjadi Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal baru berusia 37 tahun.

3. Nadiem Makarim

Di era Presiden Jokowi, tepatnya di Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim menjadi menteri termuda. Mendikbudristek itu berusia 35 tahun saat ditunjuk dan dilantik oleh Jokowi.