Calon Menteri Termuda RI, Profil Dito Ariotedjo yang Bakal Dilantik Jadi Menpora

Dito-Ariotedjo.jpg
(Istimewa via Suara.com)

RIAU ONLINE - Dito Ariotedjo akan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dito bakal menggantikan Zainudin Amali yang memilih fokus sebagai Wakil Ketua PSSI.

Sebelumnya, Golkar telah mengajukan empat nama kandidat pengganti Zainudin Amali kepada Jokowi. Mereka ialah Ilham Permana, Dave Laksono, Puteri Komarudin, termasuk Dito Ariotedjo.

Dari keempat nama tersebut, Jokowi memilik Dito Ariotedjo, politikus yang masih berusia 32 tahun. Dito menjadi calon menteri termuda di RI.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari kumparan, Senin, 3 April 2023, Dito merupakan anak bungsu dari pasangan Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo.

Sebelum terjun ke dunia politik, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu telah merintis sejumlah usaha.


Pada akhir 2021 lalu, Dito bersama Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor Rudy Salim berkolaborasi membentuk Rans Sport. Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC.

Kemudian April 2022, Dito masuk dalam jajaran tim ahli Menko Perekonomian. Dito menjadi anggota tim ahli termuda.

Di bangku kuliah, Dito aktif berorganisasi di BEM Fakultas Hukum UI. Ia bahkan sempat menjabat Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (APMI).

Pengalamannya di organisasi mengantarkan Dito menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Ia menjadi Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah partai.

Saat ini, Dito juga dipercaya menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar. Kini, Dito akan segera dilantik menjadi Menpora, pada hari ini.