Di Sulawesi Selatan Jokowi Sebut Segera Reshuffle Kabinet, Siapa Tersingkir?

Jokowi68.jpg
(Rusman-Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo  mengatakan akan segera melakukan perombakan atau reshuflle kabinet. Reshuffle segera dilakukan mengingat kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kosong setelah Zainudin Amali mundur.

"Segera," kata Jokowi menjawab pertanyaan ada atau tidak adanya rencana reshuffle kabinet kepada wartawan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023).

Ketika disinggung waktu spesifik kapan perombakan kabinet akan dilakukan, Jokowi kembali menjawab, "segera".

Zainudin Amali secara resmi sudah tak lagi menjabat sebagai Menpora pada 9 Maret 2023 setelah surat pengunduran dirinya resmi diterima Presiden Jokowi.

Politisi Golkar itu mundur karena ingin fokus mengurus persepakbolaan nasional mengingat pada Kongres Luar Biasa PSSI Februari 2023, dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora.

Adapun selain menteri, di Kabinet Indonesia Maju saat ini terdapat sejumlah kursi wakil menteri yang kosong, di antaranya:


- Wakil Menteri Sosial

- Wakil Menteri ESDM

- Wakil Menteri Investasi

- Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Wakil Kepala Bappenas

- Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

- Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

- Wakil Menteri Koperasi dan UKM

- Wakil Menteri Perindustrian

- Wakil Menteri PUPR.

Sinyalemen reshuffle kabinet sebenarnya sudah dilontarkan Presiden Jokowi sejak akhir 2022 setelah Partai NasDem yang merupakan salah satu partai koalisi pemerintah mendeklarasikan akan mengusung Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024 dikutip dari suara.com