Mulai Maret 2023, 600 Ribu Ton Beras Bulog Bakal Digelontorkan untuk Bansos

Beras6.jpg
(liputan6.com)

RIAU ONLINE - Sebanyak 600 ribu ton beras akan digelontorkan Bulog dalam bentuk bantuan sosial (bansos) mulai Maret ini sampai tiga bulan ke depan. Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Buwas), menyebut sekitar 200 ribu ton beras akan disalurkan Bulog lewat bansos tiap bulannya.

"Kita tinggal menunggu daftar penerima dari data Kementerian Sosial. Skema bantuan langsung ke masyarakat. Data penerima dari Kemensos," kata Buwas saat ditemui di Transmart Cempaka Putih Jakarta Pusat, dikutip dari kumparan, Kamis 16 Maret 2023.

Sementara saat ini, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Bulog hanya 380 ribu ton. Buwas mengatakan kekurangannya ditutupi dengan menyerap pasokan beras dari panen raya bulan ini.

"Nanti kita kerja sama dengan produsen beras. Kita serap panen raya ini untuk kepentingan bansos. Sekarang sedang dihitung Bapanas. Dalam waktu dekat beliau akan kumpulkan para penggiling modern, berapa produksi, untuk kepentingan bansos bisa berapa," pungkas dia.


Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Isa Rachmatawarta, sebelumnya mengatakan bahwa Kemenkeu akan menyiapkan anggaran Rp 7,8 triliun untuk bansos beras ini.

"Untuk saat ini perkiraan kami ini akan ditagihkan kepada APBN, Rp 7,8 triliun. Setelah dibagikan Bulog, Bulog menagih ke APBN perkiraan kami Rp 7,8 triliun," jelas Isa.

Isa menyebut bansos beras akan diberikan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DRKS) Kemensos.