BREAKING NEWS: Minus Kapolda, SAR Berhasil Evakuasi 4 Korban Helikopter Jatuh

Helikopter-Kapolda-Jambi-Jatuh.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, JAMBI-Kabar baik datang dari evakuasi rombongan helikopter Kapolda Jambi yang jatuh di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi. 

Tim SAR gabungan  berhasil mengevakuasi empat korban rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut keempat korban yang berhasil dievakuasi, yakni Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Dirpolair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Copilot AKP Amos Freddy Sitompul, dan ADC Briptu Muhardi Aditya. Mereka dievakuasi lewat jalur udara menggunakan helikopter.

"Yang sudah dievakuasi saat ini empat orang; copilot, ADC, Dirkrimum dan Dirpolair," kata Dedi kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Dedi mengatakan keempat korban kekinian tengah dievakuasi ke RS Bhayangkara Jambi.

Di samping itu, tim SAR gabungan masih berupaya mengevakuasi empat korban lainnya yang salah satunya ialah Kapolda Jambi.

"Untuk sisanya teruss diupayakan termasuk Kapolda dan lain-lain. Tim medis lapangan terus berupaya bersama tim udara," jelasnya.



Tambah Personel


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan telah menambah personel SAR gabungan untuk mengevakuasi korban rombongan helikopter Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono. Personel tambahan tersebut dikerahkan untuk mengupayakan proses evakuasi jalur darat menyusul terjadinya cuaca buruk.

"Kami telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan kita lakukan SAR darat," kata Listyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Menurut Listyo, tim SAR gabungan yang sudah berada di lokasi kekinian tengah memetakan rute terdekat untuk dilakukannya proses evakuasi jalur darat. Di samping itu juga memastikan rute yang dipilih nantinya aman dilalui oleh korban.

"Karena memang butuh langkah yang khusus untuk tidak menambah cedera. Di sisi lain juga bisa berjalan dengan baik dan keselamatan para teman-teman kami yang luka tentunya saat ini menjadi prioritas kami. Mohon doanya semua yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik," katanya.

Di samping mengupayakan evakuasi jalur darat, lanjut Listyo, tim SAR gabungan juga tengah berupaya memodifikasi cuaca. Sehingga proses evakuasi melalui udara dapat kembali dilakukan.

"Kami sedang berupaya untuk bagaimana melakukan modifikasi cuaca. Sehingga kemudian kabut-kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi TKP (tempat kejadian perkara) bisa terlihat jelas. Sehingga kemudian proses evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.

Diketahui, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono ini mendarat darurat akibat cuaca buruk di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2/2023) pagi.

Helikopter tersebut total bermuatan delapan orang meliputi: Pilot AKP Ali Nurdin Harahap, Copilot AKP Amos Freddy Sitompul,Mekanik AIPDA Susilo; dan penumpang Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Dirpolair Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan, Koorspripim Kompol Ayani, dan ajudan Briptu Muhardi Aditya.

Seluruh kru helikopter dan penumpang telah dipastikan dalam kondisi selamat. Meski beberapa di antaranya seperti Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dilaporkan mengalami patah tulang di bagian tangan dikutip dari suara.com