Enaknya Jadi Gibran, Tinggal Pilih Ikut Pilgub DKI atau Jateng, Partai Antre Mengusung

Gibran-Rakambuming-Raka22.jpg
(Dokumentasi Pribadi Gibran)

RIAU ONLINE, SOLO- Gibran Rakabuming Raka diisukan bakal mengikuti jejak politik sang ayah saat masih memegang jabatan yang sama, maju sebagai kandidat gubernur.

Banyak partai yang kemungkinan besar mendukung Wali Kota Sukarta ini melangkah ke kursi gubernur.

Berdasarkan isu yang merebak, Gibran akan mengikuti Pilgub DKI Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan, atau menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan mengikuti Pilgub Jateng menggantikan Ganjar Pranowo yang masa jabatannya akan habis pada September 2023.

Terkait isu pertama yang sudah banyak beredar, Gibran tak membenarkan. Sebaliknya, dia justru tak pernah mendengar bahwa figurnya lah yang dicalonkan sebagai gubernur ibu kota tersebut.

Gibran hanya menanggapi terkait pencalonan gubernur ini dia akan menunggu perintah dari PDIP. Baginya, partailah yang memiliki kewenangan mengajukan nama-nama calon gubernur.

Namun, jika dirinya dicalonkan, Gibran mengaku belum punya persiapan. Walau demikian, PDIP telah memberikan instruksi kepada para kader yang menjabat sebagai kepala daerah menghadapi pemilu 2024.


Partai lain yang mendukung Gibran menjadi gubernur adalah Golongan Karya atau Golkar. Ketua DPD Golkar Jawa Tengah yang juga Bupati Karanganyar Juliyatmono menyatakan dukungan partainya jika Gibran benar-benar maju sebagai calon gubernur.

Dia menambahkan, di manapun nantinya Gibran berkarier sebagai gubernur, baik DKI Jakarta maupun Jawa Tengah, Juliyatmono tetap akan memberikan dukungannya.

Pernyataan Juliyatmono itu dia sampaikan ketika menemui Gibran di rumah dinas Loji Gandrung Solo Minggu (6/2/2023). Di tempat yang sama, Gibran juga menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang sedang bertandang ke Solo.

Dalam pembicaraan empat mata tersebut, Airlangga mengaku menyinggung soal politik. Akan tetapi, tidak ada pernyataan bakal mencalonkan Gibran sebagai gubernur di pemilu 2024.

Kendati demikian, Menteri Perekonomian ini tak menampik jika potensi itu tetap ada setelah melihat sepak terjang Gibran memimpin Kota Solo.

Selain Gibran, sang adik Kaesang Pangarep yang menyatakan ingin turun ke dunia politik pun menjadi perbincangan hangat warganet. Prediksi majunya Gibran dan Kaesang itu pun menuai komentar dari netizen.

Seperti yang dicuitkan oleh pemilik akun @parisego1, warganet menilai keduanya dapat memanfaatkan koneksi sebagai anak Presiden untuk terjun ke politik.

"Lo jadi Gubernur DKI, Kaesang Wali Kota Solo ya? Apik tenan. Lanjutkan mumpung bapakmu masih jadi raja Indon," cuit pemilik akun pada 25 Januari 2023.

Cuitan bernada sarkas itu kemudian mendapat tanggapan dari Gibran. Lelaki yang akrab disapa mas wali itu menjawabnya dengan mengunggah gambar meme Squidward dikutip dari suara.com

Meme tersebut berbunyi, "Agak stress tapi yaudahlah ya."