Buku Panduan Ujian SIM Berisikan 1.200 Soal Bakal Disebar Februari Mendatang

Ilustrasi-ujian-SIM.jpg
(Liputan6.com/ImmanuelAntonius)

RIAU ONLINE - Buku panduan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi masyarakat akan disebarluaskan oleh Korlantas Polri pada Februari 2023 mendatang. Buku panduan ini berisikan 1.200 soal.

"Saya keluarkan nanti buku 1.200 soal ada empat bagian di situ, termasuk keselamatan, pengetahuan umum, yang bisa menimbulkan bahaya," kata Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus di Mabes Polri, dikutip dari kumparan, Kamis, 26 Januari 2023.

"Ini sedang kami rancang untuk buku, mudah-mudahan bulan depan jadi dan kami akan langsung bagikan," tambahnya.

Yusri menyebut penyebaran buku panduan membuat SIM ini mulai dilakukan di sekolah, perpustakaan, hingga bandara.


"Buku ini akan saya sebarkan ke sekolah-sekolah, perpustakaan, nanti di terminal ada buku-buku itu, stasiun kereta, bandara. Mudah-mudahan setelah buku ini dicetak saya sebarkan juga ke platform-platform yang ada di media, baik media sosial," beber Yusri.

Selain itu, kata Yusri, masyarakat juga dapat belajar sebelum melakukan ujian SIM di sejumlah Satuan Penyelnggaraan Administrasi SIM (Satpas SIM) lewat monitor yang disediakan.

"Di tempat satpas saya buatkan yang prototype ini ruang pencerahan, sebelum ujian, tunggu di situ tv nya lengkap semua, apa yang akan diujikan nanti. Buku ada di situ, supaya apa? Supaya nggak kaget," pungkasnya.