Ikut Jejak Bapak dan Kakak, Kaesang Pangarep Ingin Terjun ke Dunia Politik

Kaesang-Pangarep5.jpg
([Dok])

RIAU ONLINE, SOLO-Kaesang Pangarep menyatakan keinginannya untuk terjun ke dunia politik. Sang ayah, Jokowi dan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka dalam pertemuan di Solo beberapa waktu lalu mengaku terkejut.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," ujar Gibran, Selasa (24/1/2023) mengutip Antara.

Jika keinginan itu direalisasikan, Kaesang akan menambah daftar keluarga Jokowi yang masuk ke ranah politik. Lantas, siapa saja keluarga presiden yang bekerja di lingkup pemerintahan Republik Indonesia?

Rekam Jejak Politik Keluarga Jokowi

Jokowi sendiri mengawali kariernya di bidang politik dengan jabatan Wali Kota Surakarta (Solo) untuk periode 2005-2012. Kemudian, ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan masa pemerintahan hanya dua tahun, karena ia terpilih menjadi Presiden RI.

Sementara anggota keluarga Jokowi yang pertama kali terjun ke ranah pemerintahan adalah sang putra sulung, Gibran Rakabuming Raka. Ia terpilih menjadi Wali Kota Surakarta sejak 26 Februari 2021 dan akan menjabat sampai tahun 2024.


Selanjutnya, ada menantunya, Bobby Nasution yang menikahi Kahiyang Ayu pada 8 November 2017 lalu. Setelah lama berkarier sebagai pebisnis, Bobby memutuskan pindah haluan ke politik. Ia terpilih menjadi Wali Kota Medan untuk periode 2021-2024.

Bobby Nasution memiliki kakak bernama Inge Amelia yang berarti anak dari besan dari Jokowi. Ia bergabung dengan Partai NasDem dan sempat menjadi anggota DPRD termuda di Sumatera Utara periode 2014-2019. Namun saat ini, dirinya tampak tak lagi bergelut di dunia politik.

Lalu, ada iparnya, Anwar Yusman yang menikahi sang adik, Idayati. Anwar sejak April 2018 lalu hingga kini menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Sebelumnya, pada 2015, ia sempat terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi.

Kaesang Tertarik Masuk Politik

Kaesang Pangarep mengungkapkan ketertarikannya untuk terjun ke dunia politik. Meski begitu, Gibran mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui apakah sang adik akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Gibran juga mengungkapkan alasan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Terlebih, sejak beberapa tahun terakhir, dirinya juga sudah mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

Kaesang juga sempat diajak Gibran ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Solo. Di sisi lain, terkait partai yang ingin diikuti oleh Kaesang, ia mengaku belum mengetahuinya.

"Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan," kata Gibran dikutip dari  suara.com