Dugaan Korupsi Kapal Angkut TNI AL di Kemenhan, Negara Rugi Puluhan Miliar

korupsi33.jpg
(pixabay)

RIAU ONLINE - Tindak pidana korupsi diduga terjadi dalam pengadaaan material pembangunan kapal angkut Tank-1 dan Tank-1 TNI AL di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pada 2012-2018. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut kasus dugaan korupsi ini menyebabkan kerugian negara hingga puluhan miliar rupiah.

“Untuk sementara iya puluhan miliar,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 20 Januari 2023.

KPK menyebut nominal sementara kerugian negara ini berdasarkan kalkulasi tim auditor internal lembaga antirasuah itu. Potensi keungan negara masih bisa bertambah lantaran proses penyidikan masih terus berlangsung.

“Ketika proses penyidikan naik itu masih bukti permulaan ya. Itu yang perlu juga dipahami baru kemudian dilengkapi dan dikembangkan,” ungkap Ali.

KPK sebelumnya menemukan bukti dugaan korupsi pengadaan material pembangunan kapal angkut TNI AL di Kemenhan. KPK saat ini tengah melakukan penyidikan dugaan korupsi ini.

"Dari hasil penyelidikan yang selanjutnya menemukan adanya peristiswa pidana dan bukti permulaan yang cukup, saat ini KPK melakukan penyidikan dugaan korupsi terkait pengadaan material pembangunan kapal angkut Tank-1 dan Tank-2 TNI AL di Kemenhan RI tahun 2012-2018," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis, 19 Januari 2023.


Bahkan, Ali menyebut KPK sudah mengantongi nama pihak yangharus bertanggung jawab dalam kasus ini. Identitas tersangka akan diumumkan saat upaya paksa penangkapan dan penahanan.

"KPK akan secara resmi mengumumkan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkara, dan pasal yang disangkakan setelah progres pengumpulan alat bukti yang dilakukan tim penyidik kami anggap cukup," kata Ali.

Ali meminta semua pihak bersedia membantu tim penyidik lembaga antirasuah dalam menuntaskan penanganan kasus ini. Ali berharap semua pihak yang mengetahui pengadaan ini kooperatif terhadap proses hukum.

"KPK berharap berbagai pihak yang dipanggil sebagai saksi untuk kooperatif dan memberikan keterangan apa adanya di hadapan tim penyidik," kata Ali.

Selain itu, Ali juga menyarankan kepada masyarakat untuk turut mengawal pengusutan kasus ini hingga tuntas.

"Kami mempersilakan masyarakat untuk mengawasi dan mengawal penyidikan perkara ini dan kami pastikan seluruh proses penyidikannya berjalan sesuai mekanisme aturan hukum," Ali menandasi.