Ini Dia Nadia Hawasyi, Qoriah yang Disawer saat Lantunkan Ayat Suci Alquran

Qoriah-disawer.jpg
((Twitter @ike_hw71))

RIAU ONLINE - Nadia Hawasyi, seorang qoriah yang viral lantaran disawer saat melantunkan ayat suci Alquran. Video kejadian itu pun tersebar dan viral di media sosial hingga mendapat kecaman dari warganet, termasuk Nadia yang juga mengaku marah.

"Saya marah-marah di situ, enggak terima diperlakukan seperti itu. Ini benar-benar panitianya kayak enggak punya adab, etika, tidak menghargai orang yang lagi ngaji," kata Nadia, dikutip dari kumparan, Jumat, 6 Januari 2023.

Nadia mengungkap peristiwa itu terjadi sekitar dua bulan lalu saat dia menjadi qoriah atau pembaca ayat suci Alquran di acara Maulid Nabi di kawasan Cibaliung, Pandeglang, Banten. Dia mengaku tidak tahu bahwa akan ada saweran saat mengaji di atas panggung.

Video yang beredara menujukkan dua orang pria naik ke panggung saat Nadia mengaji. Keduanya lalu menyawer dengan menghamburkan uang, bahkan menyelipkan uang di kerudung Nadia. Seorang ibu juga nyawer dengan meletakkan uang di atas meja.

Selain seorang qoriah, Nadia Hawasyi juga pelantun salawat. Ia tampak beberapa kali mengisi acara televisi dan diundang dalam berbagai acara untuk melantunkan ayat suci Alquran.

Qoriah kelahiaran Agustus 2000 di Tangerang, Banten, itu memang dikenal memiliki suara emas dalam melantunkan ayat suci Alquran. Ia berulang kali mengikuti ajang perlombaan membaca Alquran alias Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Pada 2021, Nadia pernah meraih terbaik pertama pada cabang mujawwad remaja MTQ Banten.


Kemudian, Nadia mendapatkan perhargaan sebagai Qoriah Muda Inspiratif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Nadia berasal dari keluarga ulama. Ia adalah putri dari KH Hawasyi Nawawi, seorang qori internasional sekaligus pemimpin Pondok Pesantren An-Nawawaiyah Sumur Bandung di Kabupaten Tangerang. Ayahnya wafat pada 12 Agustus 2021.

Qoriah Nadia Hawasyi. Foto: Instagram/@nadia_hawasyi6050

Ibu Nadia juga seorang qoriah. Dalam satu unggahan di akun Instagramnya, Nadia membagikan pengalamannya bersama sang ibu yang sama-sama membaca Al-Quran saat acara tablig akbar di Istora Senayan yang dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Nadia pun sudah menikah dengan seorang qori, Firmansyah Abu Yusuf. Firmansyah adalah lelaki berdarah Halmahera, Maluku Utara.

Nadia dan Firmansyah bertunangan pada 12 April 2021 dan melangsungkan pernikahan pada 29 Agustus 2021. Nadia banyak membagikan potret keluarganya di akun Instagram miliknya.

Nadia memiliki sebanyak 131 ribu pengikut di Instagram @nadia_hawasyi5060. Dia aktif membagikan videonya sedang melantunkan Al-Quran dan selawat.