Gerai Mixue Menjamur di Indonesia, Siapa yang Punya?

Gerai-mixue.jpg
(Mixue Seturan via Suara.com)

RIAU ONLINE - Mixue baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di jagat media Twitter. Gerai es krim dan minuman hits di tengah kalangan anak muda ini saat ini menjamur.

Mixue merupakan gerai minuman dan es krim asal China yang tak pernah sepi pengunjung. Mixue pertama kali masuk ke Indonesia pada 2020. Kini, gerai minuman ini sudah memiliki 300 cabang tersebar di Indonesia.

Bahkan Mixue dilaporkan lebih cepat berkembang dibandingkan McDonalds yang masuk Indonesia pada 1991. Tapi sampai 2020, MCD cuma punya 227 gerai, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 1 Januari 2023.

Mixue yang gerainya bisa ditemukan di tiap sudut kota di Indonesia memang menarik perhatian warganet. Lalu, siapa pemilik Mixue?

Zhang Hongchao adalah pemilik gerai Mixue. Zhang pertama kali mendirikan Mixue pada 1997, saat ia masih duduk di bangku kuliah. Saat itu Zhang bekerja parttime di sebuah gerai minuman dingin yang menjajan es serut.

Sejak itu, Zhang kemudian berpikiran untuk membuka usaha minuman dingin. Ketika menemukan peluang bisnis pada 1999, Zhang memutuskan untuk membangun bisnis sendiri.


Dengan modal pinjaman 4.000 yuan atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 9 jutaan dari sang nenek, Zhang memulai bisnisnya yang berdiri dengan nama "Cold stream shaved ice".

Keterbatasan modal membuat Zhang hanya mampu menyediakan meja lipat, beberapa bangku, dan sebuah lemari es di gerai minuman dingin pertamanya. Es serut miliknya kala itu bahkan ia rakit sendiri.

Ada tiga produk utama "Cold stream shaved ice" yang ditawarkan Zhang pada masa itu, meliputi es krim, es sertu, dan smoothie. Seiring waktu, Zhang mulai berinovasi dengan menjual teh susu.

Zhang berhasil memperoleh penghasilan di atas 100 yuan atau setara dengan Rp 200.000-an dalam sehari dari bisnis pertamanya itu. Harga minuman yang dijual Zhang yuan atau setara Rp4.000. Harga tersebut bisa dibilang lebih murah dibanding harga minuman di gerai lainnya.

Dari tahun ke tahun, "Cold stream shaved ice" atau yang kini dikenal dengan nama Mixue semakin dikenal banyak orang dan bahkan tersebar diberbagai negara, termasuk Indonesia.