Peringatan, Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Puluhan Provinsi, Termasuk Riau?

Cuaca-Ekstrem.jpg
(INTERNET)


RIAUONLINE - Cuaca ekstrem diprediksi akan melanda sebanyak 32 provinsi di Indonesia mulai 9 Oktober 2022 untuk sepekan ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia itu menjadi peringatan dini agar menjadi kewaspadaan bagi seluruh pihak.

"Berdasarkan analisis terkini, kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, seperti dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 9 Oktober 2022.

Dwikorita mengatakan perkiraan cuaca ekstrem merupakan hasil analisis dinamika atmosfer terkini dari BMKG. Hasilnya, terdapat sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas dan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, perkiraan terjadinya cuaca ekstrem juga didukung dengan aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Julian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

"Hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," jelas Dwikorita.

Berdasarkan kondisi itu, Dwikorita menyatakan bahwa akan ada potensi curah hujan dengan intensitas sedang ke lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 9-15 Oktober 2022 di 32 dari 37 provinsi di Indonesia.

Berikut 32 provinsi yang diprediksi terdampak dari analisis BMKG tersebut:

1. Riau

2. Sumatera Utara

3. Kepulauan Riau

4. Aceh

5. Kepulauan Bangka Belitung

6. Jambi

7. Bengkulu


8. Sumatera Selatan

9. Lampung

10. Banten

11. DKI Jakarta

12. Jawa Barat

13. Jawa Tengah

14. DI Yogyakarta

15. Jawa Timur

16. Bali

17. Nusa Tenggara Barat

18. Kalimantan Barat

19. Kalimantan Timur

20. Kalimantan Utara

21. Kalimantan Tengah

22. Kalimantan Selatan

23. Sulawesi Utara

24. Gorontalo

25. Sulawesi Tengah

26. Sulawesi Barat

27. Sulawesi Selatan

28. Sulawesi Tenggara

29. Maluku Utara

30. Maluku

31. Papua Barat

32. Papua