Tunggakan Pajak Warga Kepulauan Riau Mencapai Rp 146,4 Miliar

uang14.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TANJUNG PINANG-Tunggakan pajak warga Kepulauan Riau mencapai Rp 146,4 miliar. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kepri Reni Yusneli mengatakan ada 417.890 unit kendaraan yang menunggak pajak dalam lima tahun terakhir.

Tunggakan kendaraan di Provinsi Kepulauan Riau dalam lima tahun terakhir mencapai Rp146,4 miliar.

"Ini angka yang cukup signifikan," kata dia.

Ia menjelaskan, seluruh pemilik pajak kendaraan bermotor teridentifikasi sehingga memudahkan petugas untuk mengingatkan kepada mereka agar membayar kewajibannya tepat waktu agar tidak terbebani denda.

"Petugas setiap hari menghubungi para pemilik kendaraan yang menunggak pembayaran pajak kendaraan," ujarnya.


Ia menambahkan, petugas pada bagian penagihan pajak kendaraan juga menginformasikan kepada para penunggak pajak itu melalui selebaran yang diselipkan di kendaraan mereka.

"Kami mengharapkan para pemilik kendaraan untuk membayar pajak tepat waktu, dan memanfaatkan program pemutihan pajak yang akan dilaksanakan kembali," ucapnya.

Reni mengungkapkan pemilik dari 545.849 unit kendaraan roda dua dan roda empat di Kepri sudah membayar kewajibannya. Pendapatan asli daerah yang terkumpul dari wajib pajak itu hingga 20 September 2022 mencapai Rp393,5 miliar.

Target pendapatan dari pajak kendaraan bermotor mencapai Rp425,5 miliar dikutip dari suara.com

"Realisasi pajak kendaraan bermotor sampai 20 September 2022 mencapai 79 persen. Kami optimistis tercapai target sampai akhir tahun," katanya.

Sementara pendapatan dari bea balik nama pemilik kendaraan mencapai Rp226,4 miliar, melebihi target tahun 2022.

"Target pendapatan dari bea balik nama tahun ini Rp221,1 miliar," pungkasnya.