Pulang ke Indonesia 15 Juli, Jemaah Haji Embarkasi Sumbar Kloter Pertama

ilustrasi-jemaah-haji.jpg
(istimewa)


RIAU ONLINE - Jemaah haji 2022 gelombang pertama akan pulang ke Tanah Air pada 15 Juli 2022. Tim Daerah Kerja (Daker) sudah bersiap ke Jeddah mulai Rabu, 13 Juli 2022 ini.

Kepala Daker Bandara, Haryanto Sapri gelombang pertama jemaah haji 2022 akan pulang dalam enam penerbangan. Diawali dengan jemaah haji dari embarkasi PDG/Sumbar, SOC/Jateng JKS/Jabar, JKG/DKI dengan masing-masing dari kloter pertama.

Selanjutnya, jemaah haji SOC/Jateng dan JKS/Jabar dari kloter kedua.

"Penerbangan pemulangan jemaah haji dimulai pada pukul 05.10 WAS. Dan kita berharap jamaah tiba di tanah air dalam keadaan sehat walafiat," ujar Haryanto, melansir Suara.com, Rabu, 13 Juli 2022.

Untuk jamaah haji pulang ke Indonesia diharap tiba di bandara Jeddah lebih awal. Setidaknya 8 jam sebelum jadwal penerbangan.

"Jadi 6 jam jelang penerbangan sudah di plaza terminal haji KAIA. Nantinya saat tiba di plaza, jamaah akan mendapatkan konsumsi, karena perjalanan cukup jauh dari Mekkah," kata Haryanto.


Untuk efisiensi waktu, bagasi jamaah akan ditimbang dan dicek 2 hari sebelum jadwal penerbangan pulang ke Tanah Air. Berat bagasi yang sesuai ketentuan maksimal 32 kg dan tas kabin maksimal 7 kg.

Agar berat bagasi tidak melebihi ketentuan, jemaah haji Indonesia dilarang membawa barang-barang seperti air zam-zam. Selain itu, jamaah juga dilarang membawa benda yang mengandung aeorosol, gas, magnet dan senjata tajam sesuai dengan standar penerbangan internasional.

Jemaah haji Indonesia tidak boleh membawa air zam-zam karena nantinya akan mendapat air zam-zam di asrama haji embarkasi masing-masing.

Petugas akan melakukan pemeriksaan bagasi dan barang bawaan jemaah. Jika masih ditemukan benda-benda yang dilarang maka bagasi akan dibongkar.

Begitu tiba di asrama haji, koper jamaah ditata sedemikian rupa per rombongan. Selain itu, air zamzam seberat 5 liter juga akan diberikan kepada masing-masing jamaah.

"Nanti ada acara seremonial saat jamaah datang, ada snack berat sekali. Setelah itu jamaah disilahkan mengambil koper dan sekalian keluar mendapatkan air zamzam yang sudah disesuaikan dengan jumlah jamaah," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI, Syaiful Mujab.

Jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air pada gelombang pertama dimulai pada 15 Juli 2022 hingga 30 Juli 2022 di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.