Polisi Tembak Polisi di Rumah Dinasnya, Ini Profil Irjen Ferdy Sambo

Irjen-Ferdy-Sambo.jpg
(Via suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Insiden saling tembak antar perwira polisi, Brigadir J dan Bharada E terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022) lalu. Siapa profil Irjen Ferdy Sambo yang merupakan atasan dari dua polisi yang terlibat baku tembak tersebut?

Dari keterangan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan, kejadian tersebut berawal dari Brigadir J yang bertugas sebagai supir istri Irjen Pol Ferdy Sambo, terlihat memasuki kamar Irjen Pol Ferdy Sambo dan menodongkan pistol ke kepala istri atasannya.

Bharada E yang bertugas sebagai pengawal, mendapati istri Irjen Pol, Ferdy Sambo berteriak di kamar. Mendengar hal tersebut, Bharada E menghampiri mereka dan terjadilah baku tembak diantara keduanya. Akibat peristiwa itu, Brigadir J tewas di tempat karena tertembus peluru dari senjata api milik Bharada E.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan jika saat peristiwa baku tembak terjadi, Irjen Ferdy Sambo sedang tidak berada di rumah.

Lalu siapakah Irjen Pol Ferdy Sambo yang menjadi atasan Brigjen J dan Bharada E? Berikut ulasannya:


Profil Irjen Ferdy Sambo

Irjen Ferdy Sambo lahir pada 19 Februari 1973. Ia memulai karirnya sebagai Kapolres Purbalingga lalu setelah itu ia menjabat sebagai Kasat Reskim Polres Jakarta Barat, kemudian menjabat sebagai Kapolres Brebes.

Kariernya terus melesat hingga pada 2015, ia menjabat sebagai Wadirreskrimun Polda Metro Jaya.

Empat tahun setelah itu, Ferdy Sambo menjabat sebagai Kasubdit IV Dittipudum Bareskrim Polri kemudian Dirtipidum Bareskrim Polri pada 8 November 2019.

Pada 2020, Ferdy Sambo dipromosikan oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis untuk menjabat sebagai Kadiv Propam Polri dikutip dari suara.com

Selain gemilang dalam karir, Ferdy Sambo juga pernah menangani beberapa kasus yang cukup mengegerkan kala itu, seperti kasus:

Menangani kasus bom bunuh diri di Sharinah Thamrin, Jakarta Selatan pada 2016
Menangani kasus kopi racun sianida 2016
Memimpin penyelidikan kebakaran di Kejaksaan Agung
Menyelediki kasus penerbitan surat jalan palsu Djoko Tjandra
Demikian profil Irjen Ferdy Sambo yang rumahnya jadi lokasi baku tembak antarpolisi.