Shinzo Abe Meninggal Ditembak, Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa

Shinzo-Abe6.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan belasungkawa atas meninggal dunianya eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pasca ditembak orang tidak dikenal. Ia menyatakan kalau Indonesia akan selalu mengenang kinerjanya terkait kerja sama antara kedua negara.

"Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi pada Jumat (8/7/2022).

"Kontribusi beliau dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu kami kenang," tambahnya.

Jokowi juga mendoakan bagi keluarga Abe serta masyarakat Jepang yang ditinggalkan bisa diberikan kekuatan menghadapi situasi saat ini.

"Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini."

Shinzo Abe Meninggal

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia setelah ditembak orang tidak dikenal di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022). Abe tutup usia usai mendapatkan penanganan medis.


Melansir dari NHK, kantor berita Jepang, kabar duka tersebut disampaikan oleh seorang pejabat senior Partai Demokratik Liberal.

Abe ditembak ketika tengah berpidato untuk kampanye kandidat anggota majelis tinggi dari Partai Demokratik Liberal. Ia ditembak orang tidak dikenal dari arah belakang.

Kantor berita Kyodo mengatakan jantung Abe tampaknya berhenti berdetak ketika tokoh berusia 67 tahun itu dilarikan ke rumah sakit.

Lebih lanjut, NHK, penyiar publik Jepang, menyebutkan bahwa sejumlah tembakan terdengar dan kepulan asap putih terlihat ketika Abe sedang menyampaikan pidato di luar sebuah stasiun kereta api di kota kawasan barat.

Seorang wartawan NHK melaporkan dari lokasi kejadian bahwa mereka mendengar dua tembakan berturut-turut saat Abe berpidato.

Pelaku Ditangkap

Pelaku penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe telah diamankan pihak kepolisian setempat.

Dilaporkan NHK, kantor berita Jepang, pelaku merupakan pria berusia 40-an tahun diamankan dengan tuduhan percobaan pembunuhan. Pelaku yang belum diketahui identitasnya tersebut kini tengah diperiksa polisi.

"Polisi mengatakan telah menyita sebuah senjata dari lokasi pria tersebut ditangkap," demikian laporan NHK yang dikutip Suara.com, Jumat.

Sementara itu, menurut NHK, Abe mengalami pendarahan akibat serangan penembakan tersebut. Departemen Pemadam Kebakaran menyebut Abe mengalami henti jantung dan napas.

Polisi setempat menduga kalau Abe ditembak dari arah belakang. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Adapun lokasi kejadian berada di dekat Stasiun Yamatosaidaiji dikutip dari suara.com