Mendag Zulhas Disemprot Pedagang, Sebut Kenaikan Harga Cabai Bonus Petani

Zulhas2.jpg
(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)


RIAUONLINE - Pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkilfi Hasan yang menganggap mahalnya harga cabai sebagai bonus bagi para petani cabai disayangkan oleh Wakil Sekjen Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Bidang Pembinaan Pasar dan Pendidikan Pedagang Pasar, Ahmad Choirul Furqon.

“Kami sangat menyayangkan pernyataan Menteri Perdagangan Bapak Zulkifli Hasan. Entah itu diniatkan guyonan atau tidak, namun hal tersebut tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang Menteri, jangan hibur pedagang atau petani dengan logical fallacy atau kesalahan berlogika,” kata Furqon melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, melansir Suara.com, Jumat, 24 Juni 2022.

Menurut IKAPPI, masalah yang terjadi tidak semudah yang dijelaskan Mendag yang akrab disapa Zulhas itu.

“Yang terjadi di lapangan jauh lebih komplek dan sebenarnya harus segera diberikan penanganan sangat serius,” ujarnya.

IKAPPI menjelaskan, sebenarnya harga dari petani normal dan tidak ada kenaikan yang signifikan. Bahkan, hal itu telah diafirmasi oleh Menteri Pertanian beberapa waktu lalu.


“Jadi apabila terjadi kenaikan harga yang tidak rasional, berarti ada masalah besar di jalur tengah, yaitu rantai distribusi pangan,” tuturnya.

Furqon mengatakan, ketidaknormalan harga pangan seperti cabai, memberikan domino efek. Sehingga, jika tidak ditangani dengan serius akan merugikan pedagang yang ada di hilir.

“Harga yang tidak normal di pasar saat ini tidak selayaknya ditanggapi dengan selorohan bercanda. Apabila permasalahan ini tidak segera diatasi di tingkat hulu, maka akan memberikan domino efek ke sektor usaha di hilir,” imbuh dia.

Adanya masalah diharapkan tidak memberikan dampak buruk terhadap citra Kementerian Perdagangan secara institusi maupun Menteri Perdagangan secara personal.

“Masalah ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut, bahan pangan pokok merupakan Sesuatu yang penting untuk memenuhi hajat hidup seluruh masyarakat Indonesia. Jangan sampai masalah yang dibuat selorohan ini akan menyebabkan dampak buruk berupa distrust public terhadap Kemendag secara lembaga atau Mendag, Zulhas secara personal,” pungkas Furqon.

Sebelumnya, Mendag Zulhas menyebut kenaikan harga cabai merupakan bonus tahunan bagi para petani cabai. Hal itu disampaikannya usai bertemu Menateri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kantor Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu.

"Kalau cabai keriting cabe merah musiman ya sekali-kali petani dapat bonuslah," kata Zulkifli awal pekan.