Polisi Usut Pembuat Stupa Borobudur Mirip Jokowi yang Diunggah Roy Suryo

Roy-Suryo6.jpg
((Instagram/@niluhdjelantik))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Roy Suryo buat heboh karena memposting foto stupa Candi Borobudur bergambar wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun Roy Suryo menghapus postingan foto stupa Candi Borobudur bergambar wajah Jokowi setelah menimbulkan beragam respon oleh warganet.

Roy Suryo kembali mengunggah URL terkait foto editan stupa Borobudur tersebut, dengan memberikan klarifikasi agar postingannya tidak diprovokasi.

Polri mengusut pembuat foto Stupa Borobudur yang diedit dengan wajah mirip Presiden Jokowi, yang menyinggung soal naiknya harga masuk ke situs warisan dunia tersebut.


Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Direktorat Siber Bareskrim Polri telah bergerak mendalami siapa pelaku yang telah membuat foto tersebut.

“Sedang didalami dan profiling oleh Siber,” kata Dedi saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Dedi mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam menggunakan sosial media dengan menghormati hak-hak orang lain.

Ia juga mengingatkan bahwa sekali bermedia sosial maka akan menyisakan jejak digital yang dapat membuat seseorang berhadapan dengan hukum dikutip dari suara.com

“Dalam menggunakan medsos harus bijak, menghormati hak-hak orang lain, menjaga toleransi dan persatuan serta kesatuan. Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE,” kata Dedi