Beredar Rumor Zulkifli Hasan Jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR/Kepala BPN

Hadi-Tjahjanto4.jpg
([Suara.com / Arief APRIADI])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Siapa saja menteri yang kena reshuffle kabinet dan siapa yang bakal menjadi pengganti? Informasi terakhir yang dihimpun kumparan, reshuffle kabinet hanya akan mengganti dua menteri.

Yaitu, Mendag M. Lutfi dan Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil. Selain dua menteri, Presiden Jokowi bakal melantik sejumlah wamen dalam pelantikan yang akan digelar di Istana Negara, Rabu (15/6) besok.

Sejumlah sumber kumparan mengatakan, posisi Lutfi sebagai Mendag bakal digantikan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Sementara posisi Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/Kepala BPN bakal digantikan oleh eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Hadi sendiri telah dipanggil Jokowi sore tadi ke Istana Merdeka. Namun, sebelum pertemuan, Hadi enggan mengungkapkan, apakah pemanggilan terkait reshufflekabinet.


"Wah tidak tahu, saya hanya dipanggil. Belum mikir ke sanalah," kata Hadi di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6).
Beberapa hari yang lalu, Jokowi memang melontarkan sejumlah kritik keras soal sederet masalah di sektor pertanahan yang tak kunjung selesai.

Selain itu, Lutfi hari ini juga telah dipanggil Jokowi ke Istana. Namun, ia enggan berkomentar soal pemanggilan tersebut. Sementara itu, Zulkifli Hasan dikabarkan juga telah ke Istana sore ini untuk bertemu Jokowi.

Kepastian PAN mendapat posisi menteri disampaikan oleh Ketua DPP PAN Bima Arya. Meskipun, ia enggan menyebutkan posisi apa yang bakal diisi oleh PAN.

"Infonya kalau posisi menteri mungkin satu, tetapi yang lain kami belum pastikan. Artinya PAN sudah sangat siap untuk memperkuat Presiden Jokowi, posisi kementerian apa pun yang akan berjalan sampai selesai masa jabatan selesai," kata Bima Arya di DPP PAN, Buncit, Jakarta Selatan dikutip dari kumparan.com